Pemko Pekanbaru Butuh Hibah Tanah Bangun SMP di Tuah Madani dan Rumbai

Kamis, 17 Agustus 2023 - 23:30:01 WIB Cetak

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, membutuhkan hibah tanah dari warga sebagai lokasi pembangunan sekolah menengah pertama (SMP) negeri di Kecamatan Tuah Madani dan Rumbai.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal menyebutkan, sesuai rencana ada tiga SMP negeri yang akan dibangun di 2024 mendatang di tiga kecamatan di antaranya Kecamatan Tenayan Raya, Tuah Madani dan Rumbai.

"Di Tenayan Raya, itu (lahannya) sudah ada di kawasan perbatasan," ungkapnya, Kamis (17/8/2023).

Sementara di Kecamatan Tuah Madani dan Rumbai, kata dia, saat ini belum memiliki lahan sehingga dibutuhkan hibah tanah dari warga di dua kecamatan tersebut.

"Di Tuah Madani, rencananya kita mau bangun di depan UIN. Sekarang memang sedang ada juga (SMP negeri yang) dibangun di Tuah Madani, tapi kan di kawasan Damai Langgeng," ucap Jamal.

Jika tidak ada hibah tanah, pembangunan SMP negeri baru di Tuah Madani kemungkinan dialihkan ke Kecamatan Kulim mengingat di kecematan pemekaran itu masih membutuhkan SMP negeri.

"Kalau tidak juga ada (hibah) tanah, kita tambah RKB (ruang kelas baru) di (SMPN) 42. Itu alternatif yang kita siapkan. Karena dari pengalaman kita, saat PPDB di lokasi ini (Kulim) masih banyak (tamatan SD) yang belum tertampung," terang Jamal.

Sedangkan untuk Kecamatan Rumbai, pembangunan RKB di SMPN 24 juga menjadi alternatif jika tidak mendapatkan hibah tanah dari warga.

"Di Rumbai kalau tidak ada tanah, mungkin kita bangun RKB dulu di SMP 24, itu masih kekurangan. Jadi kalau tidak dapat tanah di Rumbai, RKB kita tambah di (SMPN) 24," ujarnya.

Disampaikan Jamal, hibah tanah sebagai tempat pembangunan sekolah baru diperlukan pihaknya lantaran Pemko Pekanbaru sendiri tidak mengalokasikan lagi anggaran untuk pengadaan tanah.

"Kita tidak ada menganggarkan untuk pengadaan lahan," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+