Pasar Murah Disketapang Pekanbaru di Lomak Rumbai Diserbu Warga

Rabu, 23 Agustus 2023 - 22:38:11 WIB Cetak

Sejumlah warga saat berbelanja di GPM Disketapang Pekanbaru pada kegiatan Lomak di Kecamatan Rumbai.

Betuah Pekanbaru - Pasar murah yang ditaja Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru pada kegiatan Layanan Oke Masyarakat Keliling (Lomak) di Kecamatan Rumbai, Rabu (23/8/2023), diserbu warga setempat.

Ada sejumlah komoditas bahan kebutuhan pokok yang dijual di Gerakan Pangan Murah (GPM) tersebut di antaranya beras, minyak goreng, gula, cabai merah, nugget dan otak-otak.

Tak butuh waktu lama, seluruh bahan kebutuhan pokok yang disediakan Disketapang pun ludes dibeli oleh warga yang memenuhi area Gedung Serbaguna di Jalan Mujahir Raya, tempat dilangsungkannya gelaran Lomak.

Plt Kepala Disketapang Pekanbaru Mahyudin melalui Kepala Bidang  Distribusi dan Cadangan Pangan Dinal Husna ditemui di sela pelaksanaan GPM mengungkapkan jika animo warga untuk berbelanja kebutuhan pangan rumah tangga masih cukup tinggi sehingga seluruh stok yang disediakan habis terjual.

Ia mengatakan, tingginya animo warga pada GPM itu salah satunya disebabkan harga yang diberikan juga relatif lebih murah dibandingkan harga pasar.

Seperti untuk beras SPHP Bulog, pihaknya menyediakan dengan harga Rp45.000, sementara harga di pasar umum berkisar Rp55.000 untuk kemasan 5 kilogram.

Tak hanya beras, harga telur juga dijual jauh lebih murah, dimana, per papan hanya dijual seharga Rp25.000 untuk setengah papan. Sementara harga telur di pasar Rp54.000 per papan.

Disketapang juga menyediakan cabai merah Bukittinggi, yang pada penjualan hari ini dipqsarkan seharga Rp53.000 per kilogram atau Rp26.500 per setengah kilogram. Harga ini lebih murah Rp3.000 dibandingkan harga di pasar yang kini berkisar Rp56.000 per kilogram.

Tak hanya itu, harga gula pasir dan minyak goreng juga relatif lebih murah, dimana hanya dijual seharga Rp13.500 per kilogram.

''Kita berharap bisa terus menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok di pasaran dengan melaksanakan GPM di sejumlah lokasi-lokasi di kecamatan di Kota Pekanbaru. Harapan kita bisa menekan lonjakan harga dengan memotong jalur distribusi komoditas yang dibutuhkan masyarakat,'' ucap Dina.

''Untuk itu, secara berkala Disketapang Pekanbaru akan melaksanakan GPM ini. Hanya saja, memang lokasinya biasanya berpindah-pindah. Namun, untuk msyarakat yang membutuhkan, bisa membeli di outlet Puan Berseri Disketapang Pekanbaru di Jalan Cut Nyak Dhien,'' tutupnya menambahkan.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+