Harga Cabai Meroket, Pemko Pekanbaru akan Subsidi Angkutan Barang

Senin, 19 Februari 2024 - 20:59:01 WIB Cetak

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin

Betuah Pekanbaru - Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di pasar dalam Kota Pekanbaru, kini mulai merangkak naik. Kenaikan tertinggi terjadi pada cabai merah yang sudah menembus angka Rp80 ribu per kilogram (kg).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin menyebutkan, harga cabai sendiri sudah meroket dari daerah penghasil di Sumatera Barat mencapai Rp60 ribu per kg.

"Di Sumatera Barat, tadi pagi saja harga cabai itu sudah Rp60 ribu sekilo. Sampai ke kita (Pekanbaru), itu sudah sekitar Rp80 ribuan," ungkapnya, Senin (19/2/2024).

Untuk menekan harga cabai tersebut, terang Zulhelmi, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan memberikan subsidi ke angkutan barang bahan kebutuhan pokok menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT).

"Kita sudah dapat arahan dari walikota untuk mencarikan solusi-solusi terkait kenaikan harga itu. Salah satunya kita akan coba gunakan dana BTT untuk subsidi transportasi," ucapnya.

Dengan adanya intervensi, lanjut Ami, sapaan akrabnya, ketersediaan hingga harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional diharapkan sudah stabil menjelang Ramadhan nanti.

"Makanya kita usulkan untuk subsidi transportasi bahan pokok dari daerah penghasil ke Kota Pekanbaru. Semoga dengan adanya subsidi ini, harga bahan pokok di Pekanbaru tidak jauh berbeda dengan daerah penghasil," harapnya.

Lebih jauh disampaikan Ami, dengan subsidi biaya transportasi dari daerah penghasil, tentu para pedagang tidak lagi dibebani biaya transportasi. "Para pedagang bisa menjual tanpa harus memikirkan biaya transportasi," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+