Beras dan Cabai Masih Penyumbang Inflasi Tertinggi di Pekanbaru

Ahad, 10 Desember 2023 - 16:28:55 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Dua bahan kebutuhan pokok yakni beras dan cabai, kini masih menjadi komoditas penyumbang inflasi tertinggi di Kota Pekanbaru.

"Penyumbang inflasi terbesar itu beras, sampai 0,66 persen. Kemudian cabai dan lain-lain," ungkap Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Minggu (10/12/2023).

Meski demikian, kata dia, saat ini inflasi di Ibukota Provinsi Riau masih tetap terkendali.

"Inflasi kita masih dalam kontrol. Pemerintah Pusat, itu memberikan batas 3 plus minus 1 atau 2 sampai 4 (persen), kita masih di angka 3 (persen). Artinya, kita masih dalam koridor toleransi dalam hal inflasi," ujarnya.

Untuk menekan inflasi yang disebabkan tingginya harga jual beras di pasaran, terang Indra, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan melakukan intervensi pasar terhadap harga beras premium.

"Saya kira minggu besok sudah mulai (dilakukan intervensi harga). Sekarang masih dalam persiapan. Kadis (kepala dinas) Perindag dan AS (Asisten II) dua, itu sedang mengkoordinir untuk intervensi beras premium," ucapnya.

Ia menyampaikan, intervensi perlu dilakukan lantaran sebagian besar warga di Kota Bertuah mengkonsumsi beras premium.

"Kita dengan Bulog (Badan Urusan Logistik) selalu operasi pasar dengan beras yang ada di Bulog. Tapi ternyakan warga Pekanbaru itu tak makan beras yang menengah begitu. Warga Pekanbaru ini konsumsinya beras premium," papar Indra.

"Jadi kita intervensi pun beras-beras dari situ (Bulog), tapi ternyata tidak terlalu berpengaruh. Makanya pemerintah kota berencana untuk melalukan intervensi pakai beras premium," ulasnya.

Kemudian untuk cabai, lanjut Indra, intervensi akan dilakukan karena Pemko Pekanbaru khawatir harga jual di pasaran akan meningkat seiring terjadinya erupsi gunung Marapi di Sumatera Barat.

"Karena erupsi Marapi, kita khawatir produksinya akan terganggu. Nah, kemarin kita sudah koordinasi dengan Aceh, Sumatera Utara, nanti akan kita berikan subsidi apakah itu transportasi dan lain-lain. Yang penting, masyarakat kita bisa mendapatkan cabai dengan harga terjangkau," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+