Warga di Pekanbaru Diminta Waspadai Dampak Cuaca Ekstrem

Selasa, 24 Oktober 2023 - 17:36:31 WIB Cetak

Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra

Betuah Pekanbaru - Warga di Kota Pekanbaru, Riau, diminta untuk mewaspadai dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Sebab, saat ini Kota Bertuah mulai memasuki musim penghujan yang rawan terjadinya banjir. Kemudian juga disertai angin kencang yang bisa mengakibatkan pohon pelindung di pinggir jalan roboh.

"Untuk itu, kami imbau warga agar mewaspadai ancaman cuaca ekstrem, sekarang sudah memasuki musim penghujan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Selasa (24/10/2023).

Ia menyampaikan, khusus warga yang tinggal di daerah rawan banjir supaya mengamankan barang berharga ketika terjadi hujan degan intensitas tinggi.

"Mereka (warga) bisa mengamankan barang berharga ke tempat yang lebih aman agar tidak tergenang saat banjir," ujarnya.

Sementara untuk ancaman angin kencang, lanjut Zarman, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas LHK setempat agar memangkas pohon pelindung yang sudah tinggi dan berusia tua.

"Mereka bisa potong cabang atau rantingnya, sehingga perlu dirapikan agar tidak patah sewaktu terjadi angin kencang," tutupnya.

Seperti diketahui, baru-baru ini sejumlah pohon pelindung di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, ambruk akibat diterjang angin kencang.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+