Puluhan Ribu Pelaku UMKM di Pekanbaru Didorong Daftar e-Katalog Lokal

Selasa, 28 November 2023 - 23:41:05 WIB Cetak

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 25.074 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pekanbaru, Riau, didorong agar mendaftar ke e-Katalog Lokal.

E-Katalog sendiri merupakan aplikasi belanja online yang dikembengkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin menyebutkan, puluhan ribu pelaku UMKM yang didodorong mendaftar di e-Katalog Lokal seluruhnya merupakan pelaku UMKM yang telah terverifikasi.

"Informasi dari Dinas Koperasi dan UKM, kita sudah memiliki 25.074 UMKM yang sudah diverifikasi. Diverifikasi artinya, UMKM itu memiliki pelaku usaha dengan alamat yang jelas," ucapnya, Selasa (28/11/2023).

"Untuk itu, kami mendorong pelaku UMKM mendaftar ke e-Katalog Lokal," ulas Ami, sapaan akrabnya.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, 25.074 UMKM yang sudah diverifikasi tersebut terdiri dari 5.000 usaha kuliner dan 20.074 lainnya membuka berbagai jenis usaha.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru Sarbaini mengatakan, sejauh ini pihaknya aktif memberikan pendampingan dan mempromosikan produk yang dihasilkan pelaku UMKM khususnya yang sudah terverifikasi.

"Salah satu upaya itu adalah dengan menggelar bazar. Setiap kegiatan yang dilakukan pemerintah bersama pihak swasta, kami senantiasa melibatkan pelaku UMKM. Kami juga melakukan pelatihan seperti digital marketing, tata boga, dan kewirausahaan," ujarnya.

Di samping itu, dalam mempromosikan produk UMKM, Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru juga menggandeng berbagai pihak antara lain PT Angkasa Pura, PLN, dan BPN.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+