Dibuka Gubri, 32 Tim Pacu Sampan Adu Cepat di Tepian Nuongsa Sungai Tarap

Selasa, 12 Desember 2023 - 15:19:24 WIB Cetak

Betuah Kampar- Ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Riau, even pacu sampan Desa Sungai Tarap, Kecamatan Kampa, Kampar, telah resmi dibuka sejak 10 Desember 2023.

Even dalam rangka peringatan HUT ke-15 Desa Sungai Tarap tersebut, diikuti sebanyak 32 tim pacu sampan dari berbagai daerah di Kampar. Puluhan tim itu, akan berpacu menjadi yang terbaik hingga hari terakhir pada 19 Desember 2023.

Pembukaan oleh Gubernur Riau yang dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat, S.STP.,M.Si, dihadiri Anggota DPRD Riau Hj. Eva Yulaina, SE, H. Nurzfari,SE, Kepala Dinas PMD Kampar Lukman Badeo.

Selanjutnya, Camat Kampa, Kapolsek Tambang, Ketua KNPI Kampar Abu Nazar, S.Hi, Calon Anggota DPRD Kampar Dapil IV Fetji Maka Ramadania (Nia), Jhoni Fasla Maazat, Samsul Hidayat, Kepala UPTD Pukesmas Kampa, serta Calon Anggota DPD RI, Mimi Lutmila.

Kades Sungai Tarap Khairil Anwar, dalam sambutannya, menegaskan pada tahun lalu Desa Sungai Tarap juga melaksanakan even pacu sampan yang diikuti 30 tim, sedang tahun 2023 ini, diikuti 32 tim.

"Ini mengambarkan kepada kita bersama, saya selaku kepala desa ingin mengenalkan dan menggaungkan nama Desa Sungai Tarap di luar sana," ujar Khairil Anwar.

Even pacu sampan untuk meriahkan HUT Desa Sungai Tarap ke 15 kali ini, sampannya beda-beda dengan yang lainya, yaitu panjangnya 20 meter dan kapasitas muatan isinya lebih kurang 15 orang.

"Tapi yang akan ikut berpacu 10 Orang, dengan hadiah juara 1 sebanyak Rp 10.000.000,  juara 2 Rp 7.000.000, juara 3 Rp 4.000.000 dan harapan 1, RP 2.000.000.

"Saya atas nama Kepala Desa Sungai Tarap mengucapkan terimakasih atas dukungan BPD, Bumdes Sungai Tarap, pemuda dan masyakarat yang telah menyukseskan evan pacu sampan in," tuturnya.

Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan dampak positif lainnya, terutama UMKM yang setiap hari bisa berjualan dan mudah-mudahan akan lahir UMKM lainnya.

"Inilah yang kita harapkan dari hasil pacu sampan yang kita laksanakan ini. Tidak hanya sekedar menjemput hadiah, tapi menggenalkan nama Desa Sungai Tarap, sekaligus meningkatkan perekenomian dengan tumbuh serta berkembangnya UMKM.

"Kita berharap kepada Gubernur Riau melalui Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau mendukung  acara even pacu sampan ini, sehingga dapat terus dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya," kata Kades Kahiril Anwar yang akan mengkahiri jabatannya pada tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat, mengatakan even pacu sampan Desa Sungai Tarap tingkat Daerah Kampar ini dapat meningkatkan wisata di dearah terutama membangkitkan potensi ekonomi kreatif dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Desa Sungai Tarap.

Ia menyampaikan kepada seluruh tim agar bertanding secara sportif dan jujur.

"Menang atau kalah itu hal biasa, yang terpenting ajang ini menjadi tempat silaturahmi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Kampar yang diwakili Kepala Dinas PMD Lukmansyah Badoe, mengapresiasi panitia, tokoh masyarakat, sponsor dan terutama Pemerintah Kampar yang sangat mendukung even ini.

“Kami berharap even pacu sampan Tepian Sungai Nuongsa dapat diagendakan setiap tahun karena kegiatan ini sangat positif untuk peningkatan ekonomi para pedagang dan pengusaha UMKM di Kecamatan Kampa,” ujarnya.(ali)***



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+