Berhasil Terapkan K3 Perkantoran

Inhu Raih Penghargaan dari Kemenkes

Kamis, 14 Desember 2023 - 18:29:54 WIB Cetak

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi

Betuah Inhu- Kabupaten Indragiri Hulu kembali menorehkan prestasi tingkat nasional. Kali ini dari Kementrian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, berupa  penghargaan Mitra Bakti Husada (MBH) atas keberhasilan Dinas Kesehatan Kabupaten Inhu menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Perkantoran.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, melalui Dinas Kesehatan Provinsi Riau selaku pembina pada Selasa (12/12/2023) di Hotel JW Marriot Jakarta. Adapun penerima penghargaan Mitra Bakti Husada kategori K3 Perkantoran terdiri dari 47 Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Berdasarkan UU No. 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja, UU No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, PP No. 50 Tahun 2012 Tentang Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja, dan Permenkes No. 48 Tahun 2016 Tentang Standar K3 Perkantoran pada Pasal 25 Ayat 4, yaitu dalam rangka pembinaan dan pengawasan, Pemerintah dan Pemerintah daerah dapat memberikan penghargaan kepada setiap orang atau Pimpinan Kantor dan/atau Pengelola Gedung yang telah berjasa dalam setiap kegiatan untuk mewujudkan tujuan K3 Perkantoran sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan.

Sebelumnya telah dilakukan verifikasi oleh Tim Verifikator dari Kementerian Kesehatan secara daring. Verifikasi dilakukan dengan pengecekan berkas data pendukung yang telah diupload melalui link dan tinjauan langsung sarana dan prasarana kantor.

Adapun aspek yang dilihat dalam penilaian terdiri dari 5 aspek yaitu aspek kebijakan, aspek ekonomi, aspek keselamatan, aspek kesehatan dan aspek lingkungan kerja.
Penghargaan ini diberikan setiap tahun yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN).***



Baca Juga Topik #Inhu+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+