Irama Desa di Kecamatan Peranap

Bupati Rezita Kunjungi Beberapa Desa dan Serahkan Bantuan

Jumat, 15 Desember 2023 - 15:22:40 WIB Cetak

Betuah Inhu- Kecamatan Peranap menjadi agenda IRAMA DESA gelombang II, Kamis (14/12/2023). Meskipun hujan, tidak menyurutkan semangat Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, SE, untuk turun ke lapangan meninjau keadaan masyarakat desa.

Bersama rombongan organisasi perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Bupati Inhu sambangi Kantor Desa Semelinang Darat dalam rangka penyerahan bantuan perlengkapan sekolah untuk anak berupa tas, sepatu dan seragam, dilanjutkan dengan peninjauan tanaman hidroponik serta penijauan layanan kesehatan pustu dan posyandu, pemberian PMT (pemberian makanan tambahan) untuk balita gizi kurang.

Sesuai agenda kegiatan, bertolak dari Kantor Desa Semelinang Darat Rezita Meylani Yopi berkunjung ke Kelurahan Peranap dalam rangka peresmian rumah bibit dan alat serta bahan demplot.

Di Kantor Camat Peranap, selain Bupati Inhu, Camat Peranap Yusri Erdi menyampaikan di Kecamatan hari ini mengagendakan 2 kegiatan diantaranya kegiatan pencanangan dan sosialisasi penguatan kampung keluarga berkualitas dan Pemberian sembako rumah tangga miskin (RTM) 146 Keluarga.

Sementara, sambutan Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Inhu Rika Varia Nora menyampaikan kegiatan pencanangan dan sosialisasi penguatan kampung keluarga berkualitas disosialisasikan 2 kecamatan yaitu Kecamatan Peranap dan Kecamatan Batang Peranap.

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kampung KB tahun lalu, dimana tahun lalu terfokus pada penekanan angka kelahiran dan bagaimana meningkatkan perekonomian keluarga sementara tahun 2023 terfokus kepada penguatan kualitas keluarga bisa unggul dari sektor mulai sandang, pangan, papan dan kesehatan.

"Mari kita upayakan kegiatan ini berjalan dengan baik, kita sempurnakan rumah dataku, dimana terdapat informasi keluarga di Kabupaten Inhu," ajak Rika Varia Nova.

Masih berlokasi di Kantor Camat Peranap dilanjutkan Penandatanganan prasasti kampung keluarga berkualitas, penyerahan BKB KIT, penyerahan simbolis 146 bantuan sembako oleh Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi.

Di Desa Pauhranap Rezita Meylani Yopi mengatakan kepada Masyarakat kegiatan IRAMA DESA yang sedang berjalan bertujuan mempererat tali silaturahmi hubungan antara Pemerintah Daerah dan Masyarakat serta ingin mengetahui kondisi langsung baik bidang ekonomi, sosial dan budaya masyarakat di Kabupaten Indragiri Hulu.

"Kalau tidak dibuat agenda seperti ini, kami pemerintah Daerah tidak bisa mengetahui desa-desa mana saja yang belum dikunjungi," jelas Rezita.

Terakhir, Bupati Inhu juga mengingatkan dengan curah hujan yg tinggi akhir-akhir ini, Rezita meminta kepada masyarakat tetap waspada terhadap bencana banjir serta mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian peninggalan yaitu Mesjid Raya Desa Pauhranap yang dibanggakan.

Bertolak ke tepian Rengas Sakti Kecamatan Peranap, Rezita Meylani memberikan ucapan selamat dan syukuran kepada Tuah Keramat Bukit Embun (TKBE) dalam festival pacu sampan godang meraih Juara Pertama.

"Selamat kepada para atlet jalur dan seluruh official Jalur Tuah Keramat Bukit Embun,ini bukan hanya sekedar keberuntungan, tapi memang beberapa event telah kita menangkan dan para atlet dayung sudah siap bertarung," ucap Rezita.

"Melihat antusias masyarakat, Mendapatkan kegiatan positif dan dinantikan oleh seluruh masyarakat. Saya akan perintahkan Disporapar Kabupaten Inhu untuk tahun 2024 akan dilangsungkan kembali pacu jalur di Kecamatan Peranap," tegasnya dihadapan Masyarakat Desa Gumanti.

Tidak lupa, Bupati Inhu juga berharap adanya perwakilan kafilah-kafilah untuk mengikuti perlombaan MTQ di Tahun yang akan datang atau dalam bidang keagamaan lainnya.

Masing-masing Desa juga dilakukan penyerahan BLT DD periode bulan Oktober-Desember di Desa Pauhranap dan Desa Gumanti, terakhir dilanjutkan dengan peninjauan jalur Tuah Keramat Bukit Embun.***



Baca Juga Topik #Inhu+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+