Hj. Yuliawati Sosialisasi Perda UMKM di Perum Beringin Indah Sidomulyo Timur

Rabu, 07 Februari 2024 - 18:59:31 WIB Cetak

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Riau dari Fraksi Demokrat, Hj. Yuliawati, SE saat sosialisasi Perda di Perum Beringin Indah, Kelurahan Sidomulyo Timur, Selasa (6/1/2024).

Betuah Pekanbaru- Anggota Komisi II DPRD Provinsi Riau dari Fraksi Demokrat, Hj. Yuliawati, SE, melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Pekanbaru Nomor 2 Tahun 2018, tentang Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Selasa (6/2/2024).

Kegiatan yang dipusatkan di RW 06 RT 04 Perumahan Beringin Indah Jalan Beringin (Kartama) Kelurahan Sidomulyo Timur, Marpoyan Damai, dihadiri Tokoh Masyarakat, ratusan ibu-ibu, pemuda serta undangan lainnya.

Dalam sosialisasi ini, Hj. Yuliawati yang dikenal sebagai Perempuan UMKM ini, kembali menekankan agar para pelaku UMKM di Pekanbaru memiliki legalitas seperti Nomor Induk berusaha, serta lainnya mulai dari Sertfikat Halal dan sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

"Jika sudah memiliki legalitas, tentu akan terdaftar di pemerintah serta akan mendapat perlindungan," ujar Hj. Yuliawati, Anggota DPRD Riau yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Pekanbaru.

Kata Hj. Yuliawati, baik NIB, sertifikat halal dan sertifikat PIRT saat ini hingga Oktober 2024, masih gratis.

"Pelaku UMKM yang memiliki usaha makanan, harus mempunyai sertifikat halal. Jika akan ada sanksi. Manfaatkan waktu ini untuk memperoleh legalitas yang dibutuhkan, karena masih gratis," ujar Hj. Yuliawati.

Dalam kesempatan tersebut, Hj.Yuliawati memberikan kesempatan kepada yang hadir untuk memberikan masukan serta pertanyaan untuk menambah wawasan para pelaku UMKM.

Tidak hanya pelaku UMKM, Hj. Yuliawati juga mendorong agar kaum perempuan memiliki keterampilan yang kiranya nanti dapat dikembangkan menjadi usaha untuk meningkatkan ekonomi keluarga.'

"Kita siap mendatangkan pelatih agar ibu-ibu dan warga yang lain mempunyai keterampilan. Misalnya membuat piring dari lidi kelapa sawit dan lain sebagainya," ujar Hj. Yuliawati.

Ketua RT 04, Raja Miftah Syarif, dalam kesempatan itu menyatakan bahwa di Perum Beringin Indah saat ini tengah berbenah dan bersiap untuk melakukan pembinaan terhadap UMKM.

Jumlah pelaku UMKM di Beringin Indah mencapai ratusan. Oleh karenanya, telah disiapkan lokasi strategis untuk menggelar berbagai kegiatan dalam upaya pengembangan usaha.

Tak hanya pelaku UMKM, anak-anak muda juga diberikan kesempatan mengekpresikan serta menyalurkan hobi dalam bidang apa saja.

Itu saja? Tidak, pada lokasi itu telah disiapkan tempat nongki bernuansa alami sambil menikmati layanan wifi disertai kolam ikan pada satu sisi lainnya.

"Meskipun tidak setiap hari, tapi diharapkan ini merupakan langkah kita untuk pengembangan UMKM. Kita mulai minggu depan," kata Ketua RT 04, Raja Miftah Syarif.

Raja Miftah berharap agar Hj. Yuliawati memberikan dukungan serta upaya lainnya sehingga pelaku UMKM bisa berkembang secara baik dan sesuai dengan harapan.(cei)***



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+