Kendalikan Harga Cabai, Pemko Pekanbaru akan Gunakan BTT

Selasa, 20 Februari 2024 - 21:44:42 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, berencana menggunakan Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk memberikan subsidi ke angkutan barang yang memasok bahan kebutuhan pokok ke Kota Bertuah.

Subsidi ini menjadi salah satu solusi guna mengendalikan harga bahan pokok yang mulai merangkak naik seperti cabai merah asal Sumatera Barat yang sudah menembus angka Rp80 ribu per kilogram (kg).

"Memang ada beberapa komoditi kayak cabai. Cabai ini kan signifikan naiknya. Maka melalui OPD teknis kita carikan solusi sehingga harga cabai ini bisa turun," kata Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa (20/2/2024).

"(Solusinya) bisa saca dengan pola kontrak kerjasama dengan daerah lain, kemudian nanti kita bantu subsidi transportasinya," ulas Indra.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin sebelumnya menyebutkan jika subsidi bagi transportasi angkutan barang bahan kebutuhan pokok akan diambil dari anggaran BTT.

"Kita sudah dapat arahan dari walikota untuk mencarikan solusi-solusi terkait kenaikan harga itu. Salah satunya kita akan coba gunakan dana BTT untuk subsidi transportasi," ujarnya.

Dengan adanya intervensi, lanjut Ami, sapaan akrabnya, ketersediaan hingga harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional diharapkan sudah stabil menjelang Ramadhan nanti.

"Makanya kita usulkan untuk subsidi transportasi bahan pokok dari daerah penghasil ke Kota Pekanbaru. Semoga dengan adanya subsidi ini, harga bahan pokok di Pekanbaru tidak jauh berbeda dengan daerah penghasil," harapnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+