Abutmen Jembatan Teluk Sungkai Amblas, Pj Gubri Minta Segera Ditangani

Senin, 18 Maret 2024 - 11:48:34 WIB Cetak

Situasi ambkasnya Abutmen jembatan Jembatan Teluk Sungkai, Ruas Jalan Rengat Kuala Cenaku Kuala, Kabupaten Indragiri Hulu.

Betuah Pekanbaru-  Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, memberikan perhatian khusus terhadap amblasnya jalan pada kepala jembatan (Abutmen) Teluk Sungkai, ruas Jalan Rengat Kuala Cenaku Kuala, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), yang terjadi Sabtu (16/3/2024)

Jembatan ini, termasuk  penghubung Kabupaten Inhu dengan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Penjabat Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto langsung memberi instruksi kepada Unit Pelaksana Teknis Jalan dan Jembatan (UPTJJ) wilayah IV, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) untuk turun ke lokasi.

"Laporan yang saya terima hingga saat ini tim dari UPT Jalan dan Jembatan Wilayah IV masih bekerja melakukan penanganan ujar," Pj Gubri.

Sementara, Kepala UPTJJ wilayah IV Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau, Ludfi Hardi, ST., MT, pada Minggu (17/3/2024 malam, mengatakan bahwa pihaknya mendapat laporan adanya jalan amblas dan longsor di Jembatan Teluk Sungkai, Kuala Cenaku.

Diungkapkan, Tim UPTJJ wilayah IV telah turun langsung mengawasi perbaikan jembatan di lokasi tersebut. Bahkan sebelum melakukan perbaikan, pihaknya telah memasang rambu-rambu agar pengguna jalan yang melintas berhati-hati, perbaikan juga dibantu oleh pihak swasta dari PT. Naga Mas yang merupakan perusahaan setempat.

"Setelah mendapat laporan adanya Abutment jembatan yang amblas yang longsor di Kuala Cenaku tepatnya di Jembatan Teluk Sungkai, saya minta agar dipasang rambu-rambu sebelum dilakukan perbaikan. Ini supaya pengendara yang melintas bisa berhati-hati," ujar Ludfi Hardi.

"Untuk saat ini kita sudah melakukan penanganan sementara dengan menggunakan sand bag dan kayu cerucuk. Kalau tidak ada kendala kita targetkan bisa selesai hari ini perbaikan agar jalan tersebut dapat fungsional dengan baik," imbuh Ludfi, pria yang kerab disapa Ucok.

Dia juga mengatakan, bahwa UPTJJ wilayah IV Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau sudah berkoordinasi dengan Kasatlantas Polres Inhu untuk membantu mengatur lalu lintas. "Pengguna yang melintas didominasi oleh truk angkutan batu bara dan CPO. Alhamdulillah tim dari kepolisian sudah berada di lokasi membantu penanganan arus lalu lintas," ucapnya.

Ucok mengatakan, Pj Gubri SF Hariyanto memberikan atensi khusus atas kejadian ini. Bahkan ia memberikan apresiasi kepada jajaran Polres Inhu, Tim UPTJJ wilayah IV Dinas PUPR PKPP Riau, dan pihak swasta yang telah turut membantu di lokasi.

"Hingga malam ini tim kita masih berjibaku menangani perbaikan abutmen Jembatan Teluk Sungkai. Kejadian ini menjadi atensi  Pak Pj Gubernur Riau. Kami terus menyampaikan laporan," kata Ucok.(mcr)***



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+