PD F.SPBPU Riau akan Gencar Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi Tukang Bangunan

Senin, 22 April 2024 - 15:52:14 WIB Cetak

Ketua PD F.SPBPU - K.SPSI Riau, Zulhamdan, bersama Tim Satgas.

Betuah Pekanbaru- Pimpinan Daerah Federasi Serikat Pekerja Bangunan dan Pekerjaan Umum Provinsi Riau - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PD F.SPBPU - K.SPSI) Provinsi Riau, akan gencar melakukan sosialisasi pentingnya sertifikasi bagi tukang bangunan di Riau.

Tak hanya sertifikasi, PD F.SPBPU - K.SPSI Provinsi Riau, juga akan melakukan monitoring terhadap alat perlindungan diri (APD) pekerja, program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) Ketenagakerjaan, termasuk penggunaan tenaga kerja lokal.

"Kita telah membentuk Satgas yang kemudian akan melakukan monitoring tersebut, namun sebelumnya PD F.SPBPU Riau tentu akan berkoordinasi dengan pemerintah ataupun pihak swasta selaku pihak pengguna jasa dan penyedia jasa," tutur Zulhamdan, ST, Ketua PD F.SPBPU - K.SPSI Provinsi Riau, Senin (22/4/2024).

Menurut Zulhamdan, Satgas ini nantinya akan melakukan sosialisasi beberapa program tersebut dengan cara turun langsung ke lokasi-lokasi proyek yang ada di seluruh Riau.

"Kita ingin memberikan pemahaman yang baik terhadap seluruh tukang bangunan dan pekerjaan umum lainnya dalam hal sertifikasi kompetensi, BPJS Ketenagakerjaan, APD dan lain sebagainya," tutur Zulhamdan.

PD F.SPBPU - K.SPSI Riau dalam hal ini tentu saja berharap penyedia ataupun pengguna jasa, baik pemerintah ataupun swasta benar-benar memperhatikan perlindungan bagi pekerja untuk meminimalisir peristiwa tak diinginkan di lapangan.

"Tukang bangunan itu tenaga yang mempunyai keterampilan atau skill khusus, sehingga sudah sepantasnya mereka diperhatikan sebagaimana aturan ataupun Undang Undang yang berlaku," kata Zulhamdan.

Zulhamdan berharap dalam kegiatan ini nantinya akan ada sinergi yang baik antara Pimpinan Cabang F.SPBPU - K.SPSI kabupaten/kota di seluruh Riau.***

Penulis: Y. Ismail, Editor: Isman Iriadi



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+