Hari Pertama Coklit, KPU Pekanbaru Sambangi Kediaman Saleh Djasit

Senin, 24 Juni 2024 - 22:41:34 WIB Cetak

Anggota KPU Pekanbaru Rizqi Abadi dan jajaran beserta Ketua Bawaslu Ferdy, saat Coklit di rumah Saleh Djasit.

Betuah Pekanbaru - Hari pertama Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih Pilkada serentak 2024, Senin (24/6/2024), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru menyambangi kediaman Gubernur Riau periode 1998-2003 Saleh Djasit.

Coklit oleh petugas pemuktahiran data pemilih (Pantarlih) di kediaman Saleh Djasit di Jalan Cemara Kipas, Kelurahan Tobekgodang, Kecamatan Binawidya itu langsung didampingi Anggota KPU Pekanbaru Rizqi Abadi.

Proses Coklit tersebut disaksikan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pekanbaru Ferdy dan anggota Bawaslu Pekanbaru Reni Purba.

Rizqi Abadi yang merupakan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia mengatakan, Coklit data pemilih Pilkada itu dilakukan serentak di seluruh kecamatan di Pekanbaru.

"Secara nasional pencoklitan serentak dilakukan hari ini. Di Pekanbaru, pencoklitan rata-rata mulai dilakukan siang tadi setelah pantarlih dilantik dan diberikan pembekalan. Patarlih mendatangi rumah warga. Setelah dicoklit, rumah warga selanjutnya ditempeli stiker," ucapnya.

Rizqi juga menyebutkan, saat coklit, pantarlih dibekali dengan atribut lengkap. Seperti rompi, topi, tanda pengenal dan alat tulis.  

Ia berharap pantarlih benar-benar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagaimana mestinya.

"Turun ke lapangan, coklit dari rumah ke rumah bukan dari rumah. Ini penting agar seluruh warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat masuk ke dalam daftar pemilih dan yang tidak memenuhi syarat tidak ada lagi dalam daftar pemilih," tegasnya.

Dalam proses coklit ini sudah ditegaskan kepada petugas pantarlih agar melakukan mekanisme kerja sesuai perundang-undangan yang berlaku. Rizqi meminta kerjasama semua pihak dapat ikut serta menyusseskan pencoklitan ini, dan petugas siap melakukan kerja baik pagi, siang maupun malam hari.

Ia pun mengimbau agar masyarakat dapat mempermudah kerja petugas pantarlih dalam melakukan coklit sebab ini demi kepentingan hak suara warga itu sendiri pada Pilkada mendatang

Rizqi menyebutkan jumlah pantarlih untuk pemilihan di Pekanbaru 2.718 dengan masa tugas selama satu bulan dari 24 Juni 2024 hingga 24 Juli 2024.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+