Dengan Kompang, Bupati Rohil Sambut Jemaah Haji di Pelabuhan Buluh Kasap

Selasa, 09 Juli 2024 - 11:30:07 WIB Cetak

Bupati Afrizal Sintong, didampingi Ketua TP-PKK Sanimar Afrizal, Sekda Rohil Fauzi Efrizal, serta pejabat lainnya menyambut jemaah haji asal Rohil di Pelabuhan Pelabuhan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur.

Betuah Rohil- Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong sambut kepulangan jemaah haji yang masuk Kelompok Terbang (Kloter) 14 Embarkasi Batam, Senin (8/7/2024) di Pelabuhan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur, Provinsi Riau.

Acara tersebut diawali dengan Kompang Adat Melayu, dilanjutkan tepuk tepung tawar dan upah-upah nasi kunyit balai dengan tujuan keselamatan dan keberkahan bagi para jemaah haji yang telah pulang kembali ke tanah air.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutan menyampaikan ucapan selamat datang kembali ke Tanah Air kepada seluruh jemaah haji. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut serta dalam penyelenggaraan ibadah haji tersebut.

"Selamat datang kepada seluruh jemaah haji kembali ke tanah air semoga menjadi haji yang mabrur, di sini kami juga berterima kasih kepada seluruh pihak terkait yang membantu dalam penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2024 ini. Semoga mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlimpah," kata Bupati.

"Kami juga atas nama Pemkab Rohil mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya 2 orang jemaah haji semoga diampuni segala dosa-dosa dan diterima segala amal ibadahnya, dan bagi jemaah haji yang lain tetap semangat, tetap jaga kesehatan karena sebentar lagi kita akan naik bus pulang ke rumah dan daerah masing-masing dan juga yang pastinya bisa berkumpul kembali bersama keluarga. Kita doakan semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kelancaran urusan dan rezeki," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Rombongan Kloter BTH 14 Rohil, Muhammad Safri Johar dalam laporannya menyampaikan ucapan rasa syukur karna bisa kembali membawa Jemaah Haji ke tanah air dengan selamat, serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait dalam penyelenggaraan ibadah haji khususnya kepada Bupati Rohil yang telah banyak membantu dan memfasilitasi kebutuhan jemaah haji.

"Alhamdulillah kami ucapkan rasa syukur karena bisa membawa kembali jemaah haji ke tanah air dengan selamat dan kami juga berterima kasih kepada pihak yang terkait dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024, khususnya kepada pak Bupati Rohil, semoga pak Bupati selalu di permudahkan urusannya serta diberikan kesehatan selalu dan Rohil kedepannya semakin jaya," ucap Safri.

Dikatakan Safri, kloter 14 tersebut semuanya berasal dari berbagai kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Riau. Dengan rincian Kabupaten Rohil sebanyak 282 orang, Kota Pekanbaru sebanyak 81 orang, Kabupaten Indragiri Hilir sebanyak 21 orang, Kabupaten Bengkalis sebanyak 2 orang dan Pelalawan sebanyak 2 orang.

"Pada awalnya jemaah haji Kloter 14 berangkat dari Embarkasi Batam berjumlah 393 orang, setelah itu ketika sampai di Makkatul Mukarromah jemaah haji dari Pelalawan dikembalikan ke kloter 12 bersama dengan jemaah haji yang dari Pelalawan, maka setelah itu jemaah haji kloter 14 tersisa menjadi 391 orang. Sedangkan untuk jemaah haji asal Rohil yang jumlah awalnya 282 orang yang meninggal 2 orang sehingga menjadi 280 orang jemaah haji, dan sempat juga ada beberapa jemaah haji yang dirawat di Rumah Sakit King Faisal dan Rumah Sakit An-Nur namun saat ini keadaannya sudah sehat dan bisa kembali tanah air dengan selamat," jelas Safri.

Selain Bupati, turut menyambut kedatangan Jemaah Haji Rohil, Ketua TP. PKK Rohil  Ny. Sanimar Afrizal, Sekda Rohil Fauzi Efrizal, Assisten II M. Nurhidayat, Assisten III Samsuri, Plt. Kakankemenag Rohil H. Khairul, Komisioner Baznas Rohil, Ketua IKROHIL Dumai,  Ketua LAMR Rohil, beberapa Kepala OPD, Kadis Diskominfotiks Rohil diwakili oleh Kabid IKP Juni Rahmat,serta tenaga fungsional lainnya.***



Baca Juga Topik #Rohil+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+