Disdukcapil Pekanbaru Minta Warga Waspadai Penipuan Aktivasi IKD

Jumat, 30 Agustus 2024 - 22:11:09 WIB Cetak

Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita

Betuah Pekanbaru - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dusdukcapil) Kota Pekanbaru, meminta warga untuk mewaspadai penipuan layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Dalam penipuan ini, pelaku akan meminta sejumlah data pribadi dari warga bersangkutan dan kemudian bisa disalah gunakan.

"Untuk itu jangan berikan data pribadi sembarangan. Ini peringatan waspada bagi warga Kota Pekanbaru," ujar Kepala Disdukcapil Pekanbaru Irma Novrita, Jumat (30/8/2024).

Kewaspadaan, kata dia, perlu dilakukan lantaran belakangan ini marak aksi penipuan aktivasi IKD yang mencatut institusi Disdukcapil Pekanbaru. Ada juga yang mengatasnamakan dari Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

Pelaku, terang Irma, mencoba menipu warga dengan modus yang beragam. Karena itu, ia mengimbau warga supaya mengabaikan jika ada yang megatasnamakan layanan aktivasi IKD.

Sebab untuk aktivasi IKD, Disdukcapil Pekanbaru hanya memberikan pelayanan melalui UPTD kecamatan dan di kantor Disdukcapil. Bukan melalui telepon atau pesan singkat.

"Jadi abaikan saja atau blokir nomor telepon, sms atau WhatsApp oknum yang hendak menipu itu," tegasnya.

Irma berulang kali mengingatkan warga agar tidak mudah percaya dengan oknum yang mengirimkan pesan tidak jelas ke ponsel. Lalu oknum tersebut memberi tautan dan meminta pengguna ponsel memencet tautan itu.

"Jangan sampai kita klik tautannya, apalagi kita sampai diminta mengunduh aplikasi," pesannya.

Ia menjelaskan bahwa Disdukcapil Pekanbaru tidak pernah melakukan klarifikasi kependudukan dengan cara mengirimkan tautan. Mereka juga tidak bakal meminta untuk mengunduh aplikasi apa pun lewat telpon, SMS, maupun WhatsAPP.

"Maka kita imbau jaga data kependudukan, waspada terhadap oknum yang hendak meretas ponsel kita," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+