Tiga Pintu Waduk PLTA Dibuka, Warga Dihimbau Waspada Banjir

Senin, 09 Desember 2019 - 15:45:59 WIB Cetak

Pintu pelimpahan waduk PLTA Koto Panjang

BETUAH.COM, PEKANBARU - Pengelola waduk Perusahaan Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang, mengimbau warga Kabupaten Kampar khususnya yang berada di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) agar waspada karena adanya pembukaan 3 pintu waduk pada sore ini.

"Kepada masyarakat yang beraktivitas atau yang bertempat tinggal di sepanjang aliran Sungai Kampar, dengan ini disampaikan bahwa manajemen waduk unit layanan PLTA Koto Panjang akan melakukan pembukaan pintu pelimpahan (spillway gate) pada Senin, 9 Desember 2019 pukul 15.00 WIB," kata Plt Manager PLTA Koto Panjang Cecep Sofhan Munwar melalui surat himbauan tertanggal 9 Desember 2019.

Pembukaan pintu pelimpahan dilakukan setelah melihat trend kondisi kenaikan elevasi di Waduk PLTA Koto Panjang mencapai 1 meter dalam waktu kurang dari 24 jam.

"Jumlah/tinggi buka sebanyak 3 pintu x 30 cm," sebut Cecep dalam surat himbauan tersebut.

Surat himbauan dari manajemen waduk unit layanan PLTA Koto Panjang.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar juga mengimbau warga melakukan antisipasi sedini mungkin terutama bagi pemilik keramba agar dapat selalu waspada mengingat saat ini tingginya curah hujan di hulu Sungai Kampar.

Sehingga bagi masyarakat yang beraktivitas di hilir Sungai Kampar terutama anak-anak, diminta agar dapat berhati-hati.

Dampak dari pembukaan pintu air PLTA sendiri baru akan terlihat selama 24 jam ke depan. Saat ini, kondisi Sungai Kampar masih dalam level aman. (abd)



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+