Salurkan Bantuan, Bupati Kampar Terobos Banjir Menuju ke Lubuk Siam

Kamis, 19 Desember 2019 - 23:55:22 WIB Cetak

Mobil dinas Bupati Kampar saat menerobos genangan banjir menuju ke Desa Lubuk Siam, Kecamatan Siak Hulu, Kamis (19/12/2019). (Foto Diskominfo Kampar)

BETUAH.COM, SIAK HULU - Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, menyerahkan bantuan secara langsung kepada warga yang terdampak banjir di Desa Lubuk Siam, Kecamatan Siak Hulu, Kamis (19/12/2019).

Terdapat sebanyak 345 Kepala Keluarga di Lubuk Siam yang direndam banjir pasca dibukanya 5 pintu pelimpahan waduk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang tersebut.

Untuk sampai ke Desa Lubuk Siam, Bupati Catur didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kampar Yusri dan sejumlah pejabat mesti menerobos banjir yang masih menggenangi badan jalan.

Sesampainya di Desa lubuk Siam, Bupati Catur dan rombongan mendapat sambutan hangat dari warga setempat. Warga terlihat bahagia dengan kedatangan orang nomor satu di negeri berjuluk Serambi Mekka Riau itu.

Di kesempatan itu, Bupati Catur juga memberikan motivasi kepada warganya agar syabar dalam menghadapi bencana banjir yang kerap dirasakan warga khususnya ketika musim penghujan.

"Yang terpenting kita harus selalu bersyukur dengan keadaan ini, karena banjir masih bisa surut dan kita masih diberikan kesehatan untuk kembali menjalankan aktivitas serta kembali mencari rezeki untuk keluarga," ucapnya memberikan semangat pada warga.

Pemerintah, sebut dia, akan berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada warga yang terdampak banjir. Ada beberapa OPD yang difokuskan menangani masalah banji di antaranya BPBD, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan.

"Sehingga kita dapat memberikan pelayanan yang cepat saat dibutuhkan masyarakat. Beberapa upaya seperti menyiapkan dapur umum, posko kesehatan untuk penanganan kesehatan masyarakat baik saat banjir maupun penanganan pasca banjir," ujarnya.

Menurut Bupati Catur, kawasan Lubuk Siam rawan direndam banjir ketika meluapnya air Sungai Kampar karena memang letak desa tersebut berada di pinggiran Sungai Kampar.

"Sehingga ketika Sungai Kampar meluap, walaupun saat ini sudah surut namun masih ada beberapa yang tergenang karena posisinya di bawah. Penanganan banjir saat ini cukup cepat dan preventif, mulai dari tanggap bencana, pendistribusian logistik, air bersih dan makanan bagi korban banjir," paparnya.

Selain di Lubuk Siam, bantuan juga disalurkan kepada warga di tiga desa kainnya di Siak Hulu yang turut terdampak banjir. Total sebanyak 1.420 paket sembako yang dibagikan di Siak Hulu. (ton)



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+