Diskes Pekanbaru Kembali Operasikan Lab Pemeriksaan Kualitas Air Minum

Rabu, 15 Januari 2020 - 14:57:28 WIB Cetak

Plt Kepala Diskes Pekanbaru Muhammad Amin

BETUAH.COM, PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, kini kembali mengoperasikan Lobaratorium Pemeriksaan Kualitas Air Minum yang terletak di Jalan Pandu No.1, Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Pekanbaru Muhammad Amin mengatakan, lab air itu sebelumnya sempat terhenti pengoperasiannya karena adanya renovasi bangunan yang ditanggung melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Sekarang renovasi sudah tuntas dan sudah kembali dioperasikan," ungkapnya, Rabu (15/1/2020).

Dengan kembali beroperasi lab air tersebut, warga dan pelaku usaha depot air minum isi ulang yang ingin memeriksa kualitas air sudah bisa mendatangi Lobaratorium Pemeriksaan Kualitas Air Minum.

"Untuk teknisnya bisa berkoordinasi dengan UPTD labor," ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Laboratorium Pemeriksaan Kualitas Air Minum Rofiyani menyebut, untuk pemeriksaan kualitas air di depot air minum, sampel akan diambil secara langsung oleh teknisi dari Dinas Kesehatan.

"Kecuali untuk pribadi atau perumahan, silahkah dibawa sendiri sampel airnya ke lab. Sampel air yang dibutuhkan sekitar 600 mililiter dengan catatan tempat sampel air tersebut harus bersih," ucapnya.

Proses pemeriksaan kualitas air sendiri, disampaikan Rofiyani memakan waktu sekitar 10 hari. "Kalau hasil pemeriksaan sudah keluar, kita hubungi pemilik sampel bersangkutan," tutupnya.

Dalam pemeriksaan kualitas air ini, warga atau pelaku usaha air minum isi ulang akan dikenakan biaya sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 tahun 2013 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah dan Permenkes Nomor 736 tahun 2010 tentang Tata Laksana Pengawasan Kualitas Air Minum. (abd) 



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+