PMI Kampar Pelajari Trik Pengumpulan Darah di PMI Batam

Sabtu, 18 Januari 2020 - 12:42:11 WIB Cetak

Ketua PMI Kampar Yusri dan rombongan, saat kunjungan kerja ke PMI Kota Batam, Jumat (17/1/2020).

BETUAH.COM, BATAM - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kampar Yusri dan jajaran, kunjungan kerja ke PMI Kota Batam untuk mempelajari trik yang dilakukan sehingga mampu mengumpulkan sebanyak 2.000 kantong darah per bulan.

Kedatangan Yusri bersama Kepala Markas PMI Kabupaten Kampar Dedi Sambudi dan rombongan disambut secara langsung oleh Ketua PMI Kota Batam Sri soedarsono, Jumat (17/1/2020).

Menurut Yusri yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kampar ini, trik pengumpulan darah itu penting untuk memastikan ketersediaan darah di Kabupaten Kampar.

"Sehingga masyarakat yang membutuhkan darah, tidak khawatir lagi dengan masalah kekurangan stok darah," ucapnya usai kunjungan kerja.

Selain mempelajari trik dilakukan untuk menggugah masyarakat agar dengan kesadaran sendiri ingin melakukan donor darah, PMI Kampar juga mempelajri sistem yang dibuat PMI Batam.

Dimana seluruh layanan donor darah termasuk tanggap darurat pasca banjir di PMI Kota Batam sudah menggunakan sistem by name by addres bagi seluruh data pendonor yang ada.

"Adanya stok darah sangat penting bagi masyarakat, tentu untuk menyiapkan darah siap pakai. Artinya, yang sudah melalui berbagai proses kita membutuhkan beberapa peralatan yang canggih," ujarnya. 

"Ke depan, saya ingin mengundang seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Kampar agar bisa berpartisipasi melalui dana CSR guna membantu PMI dalam melengkapi beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk memenuhi stok darah masyarakat," ulas Yusri.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kabupaten Kampar Dedi Sambudi yang juga merangkap sebagai Kadis Kesehatan Kabupaten Kampar mengatakan, dengan adanya kunjungan itu diharapkan seluruh anggota bisa mempelajari bagaimana mempersiapkan darah yang baik.

"Sehingga nantinya masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang baik," harap dia. (rls/ton)



Baca Juga Topik #Kampar+
Business

Lahan di Kawasan Stanum Bangkinang Terbakar

Rabu, 26 Februari 2020
Business

Bangkinang Kota Tuan Rumah MTQ Kampar ke 51

Selasa, 25 Februari 2020
Tulis Komentar +
Berita Terkait+