Mengaku Dijadikan Pupuk, Jasa Sedot Tinja Kepergok Buang Limbah di Kebun Sawit

Rabu, 05 Februari 2020 - 23:46:26 WIB Cetak

Truk bermuatan tinja saat membongkar limbah di kebun kelapa sawit Jalan Citra Labersa, Kecamatan Bukit Raya, Selasa (4/2/2020). (Dok DLHK)

Betuah Pekanbaru - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, memergoki salah satu jasa sedot tinja saat membongkar muatan di kebun kelapa sawit Jalan Citra Labersa, Kecamatan Bukit Raya, Selasa (4/2/2020).

Kepada petugas DLHK, supir truk tinja mengaku limbah kotoran manusia itu dijadikan sebagai pupuk kelapa sawit.

"Kata supirnya sudah dapat izin sama pemilik tanah (kelapa sawit)," kata Kepala DLHK Kota Pekanbaru Zulfikri melalui Kepala Seksi Penegakan Hukum (Gakum) Rubi Adrian, Rabu (5/2/2020).

Meski berdalih dijadikan sebagai pupuk, sebut Adrian, namun pihaknya bersama pihak kecamatan dan kelurahan setempat tetap menghentikan proses pembuangan sekaligus mengingatkan kepada supir truk tinja untuk tidak lagi mengulangi aktivitas tersebut.

"Pembuangan limbah tinja sembarang ini jelas melanggar aturan berlaku dan akan mencemari lingkungan," ujarnya.

Ditanya sanksi bagi pembuang limbah tinja sembarangan itu, Adrian menyatakan pihkanya belum bisa memberlakukan lantaran di Pekanbaru sendiri belum memiliki tempat khusus pembuangan limbah tinja.

"Saat ini baru kita beri teguran keras saja, karena hal itu tidak dibenarkan dan menyalahi aturan yang berlaku," tutupnya. (abd) 



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+