Panen Padi di Kampung Harapan, Bupati Siak Ingatkan Petani Keluarkan Zakat

Kamis, 06 Februari 2020 - 22:14:55 WIB Cetak

Bupati Siak Alfedri saat panen padi perdana di persawahan Tanjung Pelelang, Dusun Benio, Kampung Harapan, Kecamatan Sungai Apit, Rabu (5/2/2020) sore.

Betuah Siak - Bupati Siak Alfedri, menghadiri panen padi perdana di persawahan Tanjung Pelelang, Dusun Benio, Kampung Harapan, Kecamatan Sungai Apit, Rabu (5/2/2020) sore.

Di kesempatan itu, orang nomor satu di Negeri Istana tersebut mengaku teringat masa kecilnya dulu yang sering diajak ke sawah oleh orang tuanya untuk ikut membantu memanen padi.

"Saya merasa sangat senang bisa berada di areal persawahan bersama ibu dan bapak (petani) semuanya. Karwna sawah merupakan tempat main saya waktu kecik dulu. Saya selalu ikut orang tua ketika ke sawah, termasuk ketika memanen," cerita dia.

Selain bercerita masa kecil, Alfedri kepada petani juga berjanji akan berupaya menyalurkan bantuan guna meningkatkan hasil pertanian mengingat pertanian sendiri merupakan salah satu program prioritas nasional karena terkait dengan kedaulatan pangan.

"Oleh karena itu, apa yang diinginkan oleh para petani untuk meningkatkan kualitas dan produksi perkebunan maupun persawahannya, akan kami usahakan," ucapnya.

Disampaikan Alfedri, saat ini Kabupaten Siak memiliki lahan pertanian seluas 4.200 hektar. Akan tetapi, sejauh ini hasil pertanian belum mampu memenuhi 100 persen kebutuhan beras.

"Meskipun rata-rata sekarang persawahan di Kabupaten Siak sudah memasuki masa tanam kedua, akan tetapi baru bisa memenuhi 75 persen kebutuhan beras kita," ungkapnya.

Di samping itu, Alfedri tak lupa mengingatkan kepada para petani agar senantiasa mengeluarkan zakat dari hasil pertanian sesuai anjuran agama Islam.

"Saya juga berpesan kepada para petani, jangan lupa membayarkan zakat ketika sudah panen, agar hasil panen semakin bertambah banyak dan berkah, amin," tutup Alfedri.

Turut hadir pada penan padi perdana itu, Camat Sungai Apit Wahyudi, Penghulu Kampung Harapan serta tamu undangan. (rls)



Baca Juga Topik #Siak+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+