Wagubri Bahas Pengelolaan Dana Desa dengan Kades se Riau

Kamis, 20 Februari 2020 - 16:30:49 WIB Cetak

Wagub Riau Edy Natar Nasution saat menghadiri pertemuan dengan kepala desa se Riau, di Hotel Labersa, Siak Hulu, Kampar, Kamis (20/2020).

Betuah Pekanbaru - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution, menggelar pertemuan dengan kepala desa (kades) se Riau guna membahas pengelola dana desa, Kamis (20/2/2020).

Pertemuan yang dipusatkan di Hotel Labersa, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar ini turut dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya Indra Rasyid dan sejumlah pejabat terkait di lingkungan pemerintah provinsi.

Di kesempatan itu, Wagub Edy menyatakan untuk pengelolaan dana desa tahun ini akan diprioritaskan untuk percepatan penanggulangan kemiskinan di Bumi Lancang Kuning.

"Pemerintah Provinsi Riau terus bersinergi dalam mendorong percepatan pembangunan kawasan pedesaan sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahterakan masyarakat," ujarnya.

Disampaikan Wagub Edy, sejuah ini masalah yang terus-menerus terjadi di bumi melayu Riau adalah masih tingginya angka pengangguran. Menurutnya, salah satu langkah yang bisa mengatasi hal tersebut yakni dengan menjalankan dan memanfaatkan dana desa yang telah disalurkan pemerintah kepada daerah.

"Dana ini bisa dimanfaatkan untuk menekan angka pengangguran di negeri kita salah satunya bisa memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," terangnya.

Masih kata Wagubri, pengelolaan dan pemanfaatan dana desa harus dengan manajemen yang baik sehingga tata kelola dana desa semakin partisipatif, transparan dan akuntabel. 

"Di samping itu pengawasan pengelolaan dana desa sangat perlu melibatkan masyarakat. Sehingga ke depan tidak ada kepala desa yang terjerat hukum karena kesalahan dalam penggunaan dana desa," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+