Didominasi Infrastruktur, Rumbio Jaya Usulkan 66 Kegiatan di Musrenbang RKPD

Jumat, 21 Februari 2020 - 17:40:37 WIB Cetak

Penandatanganan berita acara Musrenbang RKPD 2021 Kecamatan Rumbio Jaya, Jumat (21/2/2020).

Betuah Kampar - Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, mengusulkan sebanyak 66 kegiatan yang didominasi pembangunan infrastruktur pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2021, Jumat (21/2/2020).

Musrenbang yang dipusatkan di aula kantor Kecamatan Rumbio Jaya ini dibuka Bupati Kampar diwakili Koordinator Tim II Musrenbang RKPD kecamatan Zulia Dharma yang juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar.

Turut hadir pada musrenbang tersebut, Kepala Bappeda Kampar diwakili Kepala Bidang SDA Azwir, Camat Rumbio Jaya Tommy Farnandes, kepala desa se Rumbio Jaya, Kepala BPD, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Koordinator Tim II Musrenbang RKPD kecamatan Zulia Dharma di kesempatan itu menyampaikan, musrenbang kecamatan merupakan moment yang sangat penting untuk menyusun perencanaan pembangunan ke depan. 

"Musrenbang ini mesti kita ikuti, karena ini sebuah proses yang sangat penting untuk menyusun perencanaan pembangunan," ujarnya.

"Untuk itu, apa yang diusulkan  hendaknya kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ulasnya.

Berikut 66 usulan program pembangunan Kecamatan Rumbio Jaya :

Pembangunan lanjutan pagar kantor camat, penimbunan pekarangan kantor camat, rehab rumah dinas camat, pembangunan tempat parkir, pelebaran jalan transmigrasi, pelebaran jalan kabupaten, aspal lapen, pembukaan jalan usaha tani, jembatan, tribun mini lapangan bola kaki dan Pamsimas.

Selanjutnya, IPAL puskesmas, pengadaan lampu, penambahan jaringan listrik, aspal hotmix, turap tebing, drainase, box culvert, bedah rumah, mesin jahit, rumah layak huni, mesin hamer, bibit manggis, replanting kebun sawit, mobil pengangkut sampah, zona selamat anak, pengadaan alsintan, moubiler dan usulan lainnya.

Selain itu, kata Camat Rumbio Jaya Tommy Farnandes, dibutuhkan perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar untuk membenahi kondisi jembatan gantung yang menghubungkan Desa Pulau Payung dengan Desa Padang Mutung, Kecamatan Kampar.

"Dimana pinggir sungai di lokasi jembatan mengalami abrasi. Kemudian turap tebing di belakang puskesmas Rumbio Jaya juga mengalami abrasi demikian juga dengan pinggir sungai Dusun I Desa Alam Panjang yang mengalami abrasi sepanjang 500 meter," urainya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten diwakili Kabid SDA Azwir menyampaikan banyak kegiatan pembangunan di Kecamatan Rumbio Jaya yang tertampung dalam APBD tahun anggaran 2020. Baik infrastruktur, pendidikan, Kesehatan, UMKM, kesejahteraan masyarakat dan lain sebagainya.

Rangkaian kegiatan musrenbang ini diakhiri dengan penandatanganan berita acara hasil Musrenbang Kecamatan Rumbio Jaya oleh Koordinator Tim II Zulia Dharma, Kabid SDA Bappeda Azwir, Kabid P2 Naker  Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja   Razikani, Kabid Usaha Perkebunan Dinas Perkebunan dan Keswan Idrus, serta perwakilan kepala desa yang diwakili Kepala Desa Teratak Etak Murlizar. (rls)



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+