1.536 KK di Kampar Terima 6.825 Hektare SK Perhutanan Sosial

Sabtu, 22 Februari 2020 - 15:30:11 WIB Cetak

Presiden Jokowi pada penyerahan SK perhutanan sosial di Taman Rekreasi Tahura, Kabupaten Siak, Jumat (21/2/2020).

Betuah Kampar - Sebanyak 1.536 kepala kelaurga (KK) di lingkungan hutan adat di beberapa titik di Kabupaten Kampar, menerima lahan perhutanan sosial seluas 6.825 hektare dari Pemerintah Pusat.

SK ribuan hektar lahan perhutanan sosial itu diserahkan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada perwakilan warga penerima, bertempat di Taman Rekreasi Tahura, Kabupaten Siak, Jumat (21/2/2020).

Bupati Kampar Catur Sugeng Susnato foto bersama perwakilan warga penerima SK perhutanan sosial.

Presiden Jokowi dalam arahanya menjelaskan, di Indonesia terdapat 12,7 juta hutan adat. Seluas 4 juta hektar di antaranya sudah diserahkan SK pengolahannya kepada masyarakat.

Sedangkan untuk Provinsi Riau sendiri baru saja diserahkan SK lahan perhutanan sosial seluas 73.670 hektar untuk 20.890 KK yang diberikan kepada 12 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau.

"Semoga lahan yang sudah diserahkan DK-nya ini bisa segera diolah, jangan dijadikan lahan tidur, karena ke depan akan kita evaluasi," pesan presiden.

"Kalau lahan tersebut tidak diolah dengan baik, maka SK-nya akan kita cabut kembali dan diberikan kepada warga lain yang juga membutuhkan. Semoga program ini benar-benar bisa membantu perekonomian masyarakat khusnya yang berada di Provinsi Riau ini," harap presiden menambahkan.

Sementara itu, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto yang turut menyaksikan penyerahan SK itu menyebut, pemberian SK perhutanan sosial bertujuan untuk pemerataan ekonomi masyarakat dengan cara mengolah lahan hutan menjadi lahan yang produktif hingga berdampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

"Olahlah hutan yang diberikan tersebut dengan menanam tanaman yang bermanfaat dan menghasilkan. Seperti aren, tanaman buah dan lainnya yang dapat menambah nilai ekonomis," pintanya.

Turut hadir dalam penyerahan SK perhutanan sosial itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur Riau Syamsuar, kepala daerah se Provinsi Riau dan perwakilan warga penerima SK. (rls/abd)



Baca Juga Topik #Kampar+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+