7 Pasien Suspect di Riau Dinyatakan Negatif Corona

Sabtu, 14 Maret 2020 - 21:18:11 WIB Cetak

Seorang pasien virus corona tengah menjalani perawatan medis/net.

Betuah Riau - Berdasarkan hasil uji lab yang dikeluarkan oleh Litbangkes Kementrian Kesehatan (Kemenkes), 7 dari 9 pasien suspect yang sebelumnya diisolasi di sejumlah rumah sakit di Provinsi Riau, dinyatakan negatif terjangkit coronavirus atau Covid-19.

"Sudah keluar (hasilnya), tujuh negatif (Covid-19)," ungkap Koordinator Tim Kesehatan Penanggulangan Covid-19 Riau Mimi Yuliana Nazir di Pekanbaru, Sabtu (14/3/2020).

Sementara 2 pasien suspect lainnya masih diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bengkalis dan RSUD Puri Husada Indragiri Hilir karena hasil uji lab belum dikeluarkan oleh Litbangkes.

Di samping itu, terang Mimi, RSUD Arifin Achmad Riau kembali merawat 1 pasien suspect. Pasien tersebut mulai menjalani isolasi pada Jumat (13/3/2020) malam karena menunjukkan gelaja Covid-19. Namun, untuk sampel swap-nya belum dikirim ke Litbangkes.

Pasien bersangkutan, disampaikan Mimi yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau ini, memiliki riwayat perjalanan dari Negeri Jiran Malaysia.

"Tambah (satu) sudah masuk tadi malam dari Malaysia di RSUD Arifin Achmad," sebut dia.

Selain itu, ada juga satu pasien yang menunjukkan gejala Covid-19 dari Kabupaten Kepulauan Meranti. Pasien tersebut juga mengeluh sakit setelah pulang dari Malaysia.

Pasien itu dirujuk dari RSUD Kepulauan Meranti dan dibawa dengan kapal puskesmas keliling ke Pekanbaru.

"Pasien dirujuk karena di RSUD Meranti tidak ada dokter (spesialis) paru," tutup Mimi seperti dikutip dari Antarariau.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sendiri telah menetapkan sebanyak 7 rumah sakit sebagai tempat perawatan pasien yang menunjukkan gejala Covid-19. Tiga rumah sakit di antaranya merupakan rujukan utama.

Ketiga rumah sakit rujukan utama itu di antaranya RSUD Arifin Achmad Riau di Pekanbaru, RSUD Kota Dumai, dan RSUD Puri Husada Tembilahan. Sementara empat rumah sakit lainnya merupakan rumah sakit swasta yakni Ibnu Sina, Awal Bross, Eka Hospital, dan Santa Maria. (red)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+