Jumlah Peserta Aktif Sudah Penuhi Syarat Untuk UHC Tahun 2024

Senin, 04 Desember 2023 - 15:29:05 WIB Cetak

Zaini Rizaldy Saragih

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, kini tengah mengejar target 98 persen kepesertaan program Universal Health Coverage (UHC) hingga akhir Desember 2023.

"Hingga November kemarin, total UHC kita sudah mencapai 97,66 persen dari total penduduk. Jadi sedikit lagi kita sudah bisa capai target 98 persen," kata Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, Senin (4/12/2023).

Ia menyampaikan, target 98 persen itu merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk pelaksanaan UHC di 2024 mendatang. Dari 98 persen itu, 76 persen di antaranya harus sudah aktif sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Di Pekanbaru sendiri, terang Zaini, jumlah kepesertaan aktif sudah di angka 76,54 persen. Artinya, untuk kepesertaan aktif Kota Pekanbaru sudah memenuhi syarat untuk UHC di tahun 2024.

"Sementara untuk UHC keseluruhan, Pemko Pekanbaru membutuhkan 0,36 persen lagi warga Pekanbaru untuk mendaftar sebagai peserta BPJS," ucapnya.

Untuk itu, Ia menghimbau agar warga yang mampu agar segera mendaftarkan ke BPJS. Sementara bagi yang tidak mampu silahkan menggunakan Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah atau UHC, agar segera memiliki jaminan kesehatan.

"Karena kita ketahui kesehatan itu sangat penting, kesehatan memang bukan segala-galanya, tapi segala-galanya tidak ada arti tanpa kesehatan," tegas Zaini.

"Jadi bagaimana menjamin kesehatan? Ya dengan adanya asuransi kesehatan yang mencakup keseluruhan, dan tentunya asuransi pemerintah yakni BPJS. Artinya, kita sedia payung sebelum hujan," tutupnya menambahkan. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+