299 Guru Bantu Belum Gajian, Disdik Pekanbaru Tunggu Transfer Provinsi

Rabu, 18 Maret 2020 - 23:35:12 WIB Cetak

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 299 guru bantu provinsi yang bertugas di Kota Pekanbaru, sejak Januari 2020 lalu hingga kini tak kunjung menerima haknya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan seluruh syarat yang dibutuhkan dan kini tinggal menunggu transfer dana yang bersumber dari bantuan keuangan (bankeu) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

"Syaratnya seperti SK dan administrasi lainnya sudah siap, tinggal menunggu uang masuk transfer dari provinsi. Mereka ini (guru bantu) diupah sebesar Rp2 juta per bulan," ungkapnya, Rabu (18/3/2020).

"(Sistem gaji guru bantu) ini kan bekerja dulu. Kalau dibayar Maret, dua bulan dulu. Kalau sampai April, tiga bulan kita bayarkan,'' ulasnya.

Setelah ditransfer provinsi, sebut Jamal, pihaknya akan langsung membayarkan gaji tersebut melalui rekening masing-masing guru bantu bersangkutan.

''Rekening mereka sudah ada di kami,'' ujar dia. 

Di luar gaji guru bantu, kewajiban pembayaran gaji bagi tenaga harian lepas (THL), dan Guru Tidak Tetap (GTT) Pemko Pekanbaru sudah dibayarkan.

''Memang yang provinsi agak lambat. Provinsi ini disahkan dulu APBD provinsi, lalu ada pergub baru ditransfer uangnya. Bankeu provinsi bidang pendidikan untuk gaji guru bantu,'' tutup Jamal. (abd)



Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+