RSUD Arifin Achmad Kembali Rawat Satu Pasien Positif Corona

Ahad, 29 Maret 2020 - 21:19:45 WIB Cetak

Ilustrasi virus corona/net

Betuah Pekanbaru - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau, kini kembali merawat satu pasien yang dinyatakan positif terinfeksi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

Pasien dengan inisial AH (42), yang juga warga Pekanbaru, dinyatakan positif Covid-19 sesuai hasil swap yang dikeluarkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan RI pada Minggu (29/3/2020).

AH diketahui sama-sama mengikuti tabligh akbar di Petaling, Kuala Lumpur, Malaysia dengan M (63), pasien positif corona pertama di Pekanbaru yang kini telah dinyatakan sembuh dan telah diperbolehkan pulang.

Adanya penambahan kasus positif corona itu disampaikan secara langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar didampingi Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi, saat memberi keterangan pers di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru, Minggu (29/3/2020) sore.

"Iya benar, ada penambahan kasus positif corona. Saat ini pasien AH sudah diisolasi dan mendapat perawatan di RSUD Arifin Achmad Riau," ungkap Gubri.

Untuk mengantisipasi terus mewabahnya virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut, Gubri mengimbau kepada warga yang sebelumnya juga ikut dalam tabligh akbar di Petaling, Kuala Lumpur agar bisa memeriksakan kesehatannya.

"Kami meminta kepada masyarakat Riau yang mengikuti kegiatan tabligh akbar di Sri Petaling, Kuala Lumpur, Malaysia dan memiliki gejala covid-19 untuk dapat menghubungi call center 0761- 23810," himbau Gubri.

Sementara itu, pasien M yang sudah dinyatakan sembuh, telah menjalani perawatan medis di RSUD Arifin Achmad Riau sejak 13 Maret lalu. Kini, dia sudah bisa berkumpul kembali dengan pihak keluarga.

Kabar sembuhnya pasien M, dibenarkan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Pekanbaru dr Zaini Rizaldy pada Minggu sore.

"Iya, sudah sembuh. Dari hasil yang terakhir, itu kan sudah diperiksa dua kali, hasilnya negatif," ungkap dia. 

Saat ini, pasien bersangkutan sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya. "Karena sudah dinyatakan sembuh, maka sudah diperbolehkan pulang. Tadi siang jam 1 (13.00 WIB) sudah pulang," ucapnya. (red)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+