Walikota dan Wawako Pekanbaru Turut Sumbang Gaji 3 Bulan Lawan Covid-19

Ahad, 12 April 2020 - 15:00:49 WIB Cetak

Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Firdaus - Ayat Cahyadi.

Betuah Pekanbaru - Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Firdaus-Ayat Cahyadi, ternyata turut menyumbangkan gajinya selama 3 bulan untuk melawan penyebaran wabah Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

"Iya benar," akui Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Sekretariat Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Mas Irba Sulaiman menjawab Betuah.com, Minggu (12/4/2020).

Dikatakan Irba, sejauh ini walikota dan wakil walikota sengaja meminta agar gaji mereka yang disumbangkan untuk melawan Covid-19 tidak diekpos ke publik.

"Jadi begini, beliau bapak walikota dan wakil walikota sengaja tidak ingin diekpos karena takut menjadi riya. Makanya tidak ada kita publikasikan," ucapnya.

Disampaikan Irba, gaji walikota dan wakil walikota sudah terlebih dahulu dipotong sebelum Walikota Firduas mengajak seluruh pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kota untuk ikut berpartisipasi menyumbangkan gaji guna melawan Covid-19.

"Tapi tidak perlu disebutkan jumlahnya. Artinya se-ikhlasnya saja," ujar dia.

Nantinya, sumbangan yang terkumpul akan diperuntukkan guna membeli Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis khususnya paramedis di seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se Kota Pekanbaru.

"Kemudian juga untuk membeli masker, hand sanitizer, sarung tangan serta vitamin. Karena memang sampai saat ini kita masih kekurangan APD bagi tenaga medis," ungkapnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Setdako Pekanbaru yang juga Sekretaris Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pekanbaru  Azwan menyebut, hingga kini total donasi yang sudah terkumpul sekitar Rp85 juta.

"Donasi ini termasuk dari pemotongan gaji tiga bulan bapak walikota dan wakil walikota," terang dia.

Saat ini, kata Azwan, APD yang sudah selesai sebanyak 30 buah. APD ini diserahkan kepada Ketua Logistik El Syabrina yang juga Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Pekanbaru.

"Selanjutnya APD ini akan diserahkan kepada petugas kesehatan.Selain APD, hal lain yang dibutuhkan adalah masker, hand sanitizer, sarung tangan serta vitamin. Namun saya ingin tegaskan bahwa donasi ini sumbangan suka rela dari ASN," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+