Kemenkes Tetapkan 4 Daerah di Riau Sebagai Transmisi Lokal Corona

Kamis, 23 April 2020 - 20:45:55 WIB Cetak

Gubernur Riau Syamsuar. (foto media center riau)

Betuah Pekanbaru - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, telah menetapkan empat kabupaten/kota di Riau sebagai titik transmisi lokal penyebaran wabah Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

Keempat daerah tersebut di antaranya Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Pelalawan dan Kampar.

"Saat ini tambah lagi Pelalawan masuk daerah transmisi lokal," kata Gubernur Riau Syamsuar saat melakukan Video Conference (Vicon) bersama kabupaten/kota se Provinsi Riau di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (23/4/2020).

Dengan status sebagai daerah transmisi lokal, terang Gubri, berarti penyebaran Covid-19 tidak lagi dibawa atau berasal dari luar. Akan tetapi sudah dari masyarakat di masing-masing daerah bersangkutan.

Untuk itu, Gubri mengimbau agar pemerintah kabupaten/kota harus mempersiapkan langkah-langkah untuk mengatasi penyebaran corona agar tidak semakin meluas.

"Secepatnya pemerintah daerah, khususnya daerah yang sudah masuk transmisi lokal ini agar mempersiapkan langkah untuk mengatasi penyebaran Covid-19," pintanya.

Menurutnya, saat ini salah satu langkah efektif yang harus diambil untuk menekan penyebaran wabah corona adalah dengan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ia melihat, daerah transmisi lokal tersebut adalah daerah yang berdekatan dengan zona merah yani Kota Pekanbaru. Oleh karenanya, pemerintah daerah harus segera mengambil langkah nntuk menerapkan PSBB.

"Kita minta kepada kabupaten/kota khususnya daerah transmisi lokal agar segera mengajukan PSBB," tutupnya. (red)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+