PSBB Corona Tahap Satu di Pekanbaru Berakhir, Tahap Dua Ditunda Satu Hari

Kamis, 30 April 2020 - 18:47:19 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap satu yang telah diberlakukan di Kota Pekanbaru sejak 17 April 2020 lalu, sesuai jadwal berakhir hari ini tepatnya pada Kamis (30/4/2020) tengah malam nanti.

Dengan berakhirnya PSBB tahap satu ini, maka Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana melakukan perpanjangan selama 14 hari lagi. Hanya saja untuk PSBB lanjutan tidak jadi dimulai terhitung 1 April, tapi direncanakan baru diterapkan 2 April.

"Iya, ini (PSBB tahap satu) berakhir. Jeda satu hari besok (Jumat). Sebenarnya kan tidak ada jeda, di lapangan tetap. Tapi secara administrasi kita jeda satu hari besok," ucap Walikota Pekanbaru Firdaus, Kamis (30/4/2020).

Dalam masa jeda satu hari, Jumat (1/5/2020), sebut walikota, akan dimanfaatkan oleh pemerintah kota untuk memaparkan hasil evaluasi PSBB tahap satu ke Gubernur Riau.

"Setelah itu akan diambil keputusan. Jika keputusan itu nantinya masih diharapkan Pekanbaru, maka kita baru akan mengeluarkan kebijakan PSBB (lanjutan) lusanya," ujar walikota.

Dalam PSBB tahap dua, walikota mengaku menginginkan juga diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di Riau, minimalnya daerah tetangga yang tergabung dalam Pekanbaru, Kampar, Siak dan Pelalawan (Pekansikawan).

"Kalau ini diberlakukan, Insyaallah akan semakin kecil jumlah yang terdampak dan semakin cepat waktunya berlalu," harap dia.

Namun jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tidak bisa memberlakukan PSBB yang lebih luas, maka pemerintah kota akan tetap melanjutkan penerapan PSBB tahap dua.

"Kalau Provinsi Riau belum PSBB, kita minta di Kampar, Siak dan Pelalawan saja. Kalau belum juga, Pekanbaru tetap lanjut (PSBB) dan kebijakan waktu sama dengan sekarang, tidak 24 jam," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+