Walikota Pekanbaru Inginkan Seluruh PDP Segera Jalani Tes Swab

Jumat, 01 Mei 2020 - 23:33:51 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Walikota Pekanbaru Firdaus, menginginkan seluruh Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang kini tengah dirawat di sejumlah rumah sakit untuk segera menjalani tes swab.

Dikatakan walikota, tes swab sangat diperlukan untuk memastikan PDP negatif atau positif terinfeksi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

"Jadi kita tidak lagi menunggu, semua PDP di Kota Pekanbaru bakal jalani swab test. Dari sana kita tahu PDP positif atau negatif," ucapnya, Jumat (1/5/2020).

Dengan adanya hasil swab, sebut walikota, maka akan memudahkan pemerintah melakukan penanganan cepat terhadap pasien positif Covid-19 sekaligus melakukan penelusuran kontak pasien.

Penulusuran kontak akan diprioritaskan terhadap keluarga pasien dan langsung dilakukan rapid test atau pemeriksaan cepat.

"Inilah cara menemukan masyarakat yang terpapar. Kita tentu ingin cepat tahu dan menangani pasien positif," ujarnya.

Dari data Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, hingga Jumat sore total kasus konfirmasi positif Covid-19 masih berjumlah sebanyak 19 orang dengan rincian 8 di antaranya masih dirawat, 8 sehat dan pulang, serta 3 lainnya meninggal dunia.

Kemudian untuk PDP berjumlah 305 orang dengan rincian 147 di antaranya masih dirawat di sejumlah rumah sakit, 122 sehat dan pulang, serta 36 lainya meninggal dunia.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah sebanyak 4.086 orang. 3.800 di antaranya selesai dipantau dan 386 masih proses pemantauan. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+