Warga yang Tolong Lelaki Tua di Halte Bus TMP Mulai Periksa Kesehatan

Sabtu, 09 Mei 2020 - 19:09:49 WIB Cetak

Juru Bicara Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Percepatan Penanganan Covid-19 dr Mulyadi, saat memberi keterangan pers, Sabtu (9/5/2020) sore.

Betuah Pekanbaru - Sejumlah warga yang sempat menolong seorang lelaki tua yang pingsan di halte bus Trans Metro Pekanbaru di Jalan HR Soebrantas persimpangan Jalan Purwodadi, Panam, kini mulai memeriksa kesehatan ke puskesmas.

Untuk diketahui, lelaki inisial S, seorang tunawisma yang berusia sekitar 60 tahun tersebut sudah dinyatakan positif terinfeksi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

"Sudah ada warga yang ikut menolong pada kejadian tersebut, tanggal 2 Mei, memeriksa kesehatan ke puskesmas," ungkap Juru Bicara Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Percepatan Penanganan Covid-19 dr Mulyadi, saat memberi keterangan pers, Sabtu (9/5/2020) sore.

Warga yang kontak dengan pasien S, sebut dia, akan dilakukan pemeriksaan rapid test dan tes swab PCR.

"Mudah-mudahan tidak tertular Covid-19," harapnya.

"Kepada warga yang belum melapor, segera melaporkan diri ke Puskesmas kalau memang kontak dengan pasien tunawisma tersebut, sehingga bisa mendapat penanganan cepat," himbau Mulyadi menambahkan.

Di samping itu, lanjut Mulyadi, Dinas Kesehatan juga sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di halte bus TMP tempat pasien ditemukan pingsan.

"Sudah dilakukan juga penyemprotan di lokasi pasien yang ditemukan terlantar di halte bis Panam, yang mana hasil swabnya sudah sama-sama kita kehui dinyatakan positif," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang lelaki tua yang diperkirakan berusia sekitar 60 tahun yang ditemukan pingsan di halte bus TMP Jalan HR Soebrantas persimpangan Jalan Purwodadi, Panam, dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Dengan dinyatakan positif covid, tim gugus tugas bersama Dinas Kesehatan mulai melakukan penelusuran terhadap kontak pasien, terutama warga dan aparat keamanan yang sebelumnya memberikan pertolongan sebelum tim medis mengevakuasi pasien ke rumah sakit.

"Sekarang yang menjadi perhatian kita, masyarakat dan petugas kepolisian yang kontak erat dengan pasien, baik yang menolong pasien saat ditemukan," ucap Mulyadi.

Kejadian tersebut sempat viral di media sosial. Sejumlah warga dan polisi dilaporkan sempat memberikan pertolongan kepada pasien sebelum dievakuasi tim medis ke Rumah Sakit Aulia. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+