Bertambah 3, Total 99 Pasien Positif Corona yang Sehat di Riau

Kamis, 04 Juni 2020 - 21:10:12 WIB Cetak

Juru Bicara Covid-19 Riau dr Indra Yovi saat memberi keterangan tentang update terbaru Covid-19 di Provinsi Riau, Kamis (4/6/2020).

Betuah Pekanbaru - Pasien positif Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 yang sehat di Provinsi Riau kembali bertambah 3 orang, sehingga total pasien sehat menjadi 99 orang dari total 117 kasus.

"Sedangkan total pasien positif yang masih dirawat berjumlah 12 orang dan meninggal dunia 6 orang," kata Juru Bicara Covid-19 Riau dr Indra Yovi saat memberi keterangan tentang update terbaru Covid-19 di Provinsi Riau, Kamis (4/6/2020).

Disampaikan Indra, dari angka tersebut bisa dikatakan semakin meningkat dalam angka kesembuhan yang mencapai di atas 83 persen.

"Namun saya tegaskan bahwa ini hanya sekedar angka, sehingga kita harus lebih berhati-hati. Sebab, saat ini juga saya menerima Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang bertambah enam orang di dua rumah sakit," ucapnya.

Untuk itu, Indra mengimbau terjadinya penambahan kasus sembuh positif tidak sampai melalaikan semua pihak dalam menjalankan protokol kesehatan. 

"Kita syukuri, tapi bukan berarti kita bereuforia atau berlebihan dengan kembali beraktivitas secara biasa. Namun, kita harus menjalankan protokol kesehatan dengan tingakat kewaspadaan yang tinggi," pintanya.

Indra menyayangkan, saat ini masyarakat masih banyak tidak menjalankan protokol kesehatan, terutama setelah pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Seharusnya setelah PSBB ini, kita lebih waspada akan virus Covid-19. Menjalankan protokol kesehatan dengan dua kali lipat lebih disiplin, terutama harus memakai masker, menjaga jarak dan lebih sering untuk mencuci tangan," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir menyebut, dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau, masih ada lima daerah yang masih merawat pasien positif Covid-19, total keseluruhannya 12 pasien.

"Ada lima daerah lagi yang masih merawat pasien positif Covid-19 ini, yaitu Kota Dumai, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Pelalawan, dan Indragiri Hilir (Inhil)," ungkapnya.

Dengan keterangan, Dumai masih merawat satu pasien dari total 19 kasus, sebab 18 pasien lainnya telah dinyatakan sembuh.

Lalu, Bengkalis masih merawat empat pasien dari total 14 kasus, yang mana sembilan pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh dan 1 orang dinyatakan meninggal dunia.

Selanjutnya, Kepulauan Meranti masih merawat lima pasien dari 12 kasus, Pelalawan masih merawat dua pasien dari delapan kasus.

Terakhir, Inhil masih merawat tiga pasien dari 11 kasus, sebab tujuh pasien lainnya telah dinyatakan sembuh dan satu orang dinyatakan meninggal dunia.

"Sedangkan, kabupaten dan kota yang telah selesai merawat pasien Covid-19, ada enam daerah yaitu Kota Pekanbaru, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kuantan Singingi (Kuansing), Kampar, Siak dan Rokan Hulu (Rohul). Sementara, kabupaten yang masih nihil kasus Covid-19 hingga saat ini ada satu, yaitu Rokan Hilir (Rohil)," Papar Mimi. (red)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+