Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Petani di Rumbai Pesisir Olah Ubi Kayu jadi Dodol

Selasa, 16 Juni 2020 - 21:18:45 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru turut serta mengolah ubi kayu menjadi dodol, Selasa (16/6/2020).

Betuah Pekanbaru - Petani di Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, kini tengah mengembangkan usaha rumahan berupa dodol yang bahan bakunya dari ubi kayu.

Produk inovatif di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 itu pun mendapat apresiasi dari Walikota Pekanbaru Firdaus. Yang mana petani terus berkreasi untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

"Ketika ubi tidak laku, maka ubi pun bisa diolah menjadi produk kreasi makanan," ujar Firdaus saat meninjau langsung proses pembuatan dodol ubi tersebut, Selasa (16/6/2020).

"Kita mengapresiasi kreasi para petani," ulasnya yang turut serta mengolah ubi kayu menjadi dodol bersama petani.

Untuk memajukan usaha para petani, Firdaus memerintahkan kepada Dinas Koperasi dan UMKM serta Dinas Perindag melakukan pembinaan terhadap petani.

"Sehingga nantinya hasil produksi lebih higienis. Nanti bisa jadi inovasi produk khas olahan ubi," ujarnya.

Selain pembinaan, Firdaus juga menjanjikan stimulus bagi pelaku UMKM yang akan dianggarkan melalui APBD Perunahan 2020 mendatang.

Dengan kreasi dan inovasi tersebut, Firdaus berharap bisa menjadi awal menjaga ketahanan pangan di Kota Pekanbaru. Apalagi saat ini ada bahan pangan yang bisa diolah menjadi produk inovatif.

Ia menilai Kota Pekanbaru adalah kota dunia usaha. Ada banyak sektor usaha yang bisa dikembangkan.

"Industri rumah tangga misalnya. Industri ini didukung sektor pertanian. Dalam satu hektar lahan nantinya ada sejumlah aktivitas. Jadi satu lahan nantinya ada aktivitas pertanian dan perikanan," tutupnya.

Bersama Forkopimda dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan pemerintah kota, Firdaus juga melakukan penanaman cabai, panen ubi kayu dan panen ikan di Kelurahan Okura dan Kelurahan Lembah Sari Kecamatan Rumbai Pesisir. (***)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+