PUPR Pekanbaru Lelang Masterplan Banjir Senilai Rp1,6 Miliar

Kamis, 18 Juni 2020 - 22:46:51 WIB Cetak

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, mengelontorkan anggaran senilai Rp1,6 miliar untuk pembuatan masterplan penanganan banjir.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebut, saat ini masterplan tersebut sudah masuk tahap pelelangan melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP).

"Tahapan lelang saat ini baru download dokumen kualifikasi. Ada 21 tahapan dalam lelang hingga penandatanganan kontrak nantinya. Kita menunggu saja hasilnya dari ULP nanti," ujarnya, Kamis (18/6/2020).

Nantinya, kata dia, rekanan pemenang lelang akan bekerjasama dengan ahli yang membidangi masalah banjir. Untuk itu, Indra yakini bisa berdampak baik untuk penanganan banjir di wilayah Pekanbaru.

"Setelah lelang otomatis mereka nanti akan bekerja. Tentu mereka bekerja dengan tim ahli yang kita inginkan. Harapan kita dengan adanya Masterplan ini masalah banjir maupun bagaimana penanganannya ke depan sudah bisa diberikan solusi," jelasnya. 

Lanjutnya, PUPR sebagai instansi teknis tinggal mengeksekusi hal-hal yang ada di dalam Masterplan. Artinya, Pemerintah Kota (Pemko) melalui instansi teknis seperti PUPR bekerja sudah ada pedoman untuk melakukan tindakan-tindakan dalam hal mencegah banjir yang ada di Kota Pekanbaru. 

"Insyaallah selesai. Hari kerja lebih kurang hanya empat bulan. Titik seluruh Kota Pekanbaru akan digambarkan, bagaimana potensi banjir dan bagaimana mengatasi, serta solusinya," papar dia.

Lebih jauh disampaikan Indra, hingga kini terdapat sebanyak 39 titik banjir yang menjadi fokus di Kota Pekanbaru. 30 persen di antaranya sudah diselesaikan pada 2019 lalu.

"Terutama yang kita inventarisir kan ada 39 titik banjir. Itu nanti menjadi fokus, karena tahun kemarin sudah kita selesaikan 30 persen. Kemudian tahun ini kita coba selesaikan 30 persen lagi. Tahun depan kita sempurnakan," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+