OTG Mulai Bermunculan, Begini Cara Mencegah Agar Tidak Tertular Corona

Sabtu, 11 Juli 2020 - 21:50:51 WIB Cetak

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi

Betuah Pekanbaru - Warga yang dinyatakan positif terinfeksi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 di Provinsi Riau, kini mulai bermunculan dari Orang Tanpa Gejala (OTG). 

Biasanya, pasien positif selalu menunjukkan berbagai gejala umum covid seperti batuk, demam dan sesak nafas.

"Pasien positif corona di Riau ke-239 hari ini, yakni tuan MT (warga Pekanbaru) adalah salah satu contoh OTG," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi, Sabtu (11/7/2020).

MT, laki-laki usia 20 tahun, warga Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru ini baru diketahui positif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan cepat atau rapid test.

"Ia diketahui positif corona setelah melakukan rapid test untuk syarat pergi ke Jakarta," ungkap Indra.

Dari hasil penelitian rapid test yang diketahui reaktif tersebut, kemudian langsung dilakukan pengambilan sampel swab terhadap MT. Dari hasil pemeriksaan swab baru diketahui bahwa yang bersangkutan positif corona, meskipun sebelumnya tidak memiliki gejala.

Untuk itu, Indra mengajak warga agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan covid terutama dari orang yang tidak memiliki gejala.

"Jadi cara untuk mencegah agar tidak tertular virus corona yakni dengan menggunakan masker. Karena dengan menggunakan masker saja, sudah bisa mencegah penyebaran virus corona hingga 70 persen," tegasnya.

Warga, lanjut dia, tidak diharuskan menggunakan masker medis. Tapi warga bisa juga menggunakan masker kain yang dibuat dua lapis. Masker ini juga dapat dicuci setelah digunakan.

"Jadi tidak harus menggunakan masker medis, masker kain juga bisa," ucapnya. (red)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+