Meluas, Banjir Sudah Rendam Delapan Kecamatan di Kapuas Hulu

Ahad, 12 Juli 2020 - 15:28:39 WIB Cetak

Mapolsek Bika turut direndam banjir. (Antara/Pemprov Kalbar)

Betuah Kapuas Hulu - Banjir yang terjadi di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, terus meluas. Selain merendam pemukiman warga di delapan kecamatan, banjir juga melumpuhkan jalur transportasi darat.

"Saat ini tim kami sedang melakukan pendataan dan monitoring di lapangan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu, Gunawan, Minggu (12/7/2020).

Disampaikannya, delapan kecamatan yang diremdam banjir itu di antaranya Kecamatan Bunut Hulu, Bika, Kalis, Silat Hulu, Embaloh Hilir, Seberuang, Boyan Tanjung dan Bunut Hilir.

Di Kecamatan Bunut Hulu, sebut dia, banjir terjadi sejak 10 Juli 2020 yang merendam enam desa, Kecamatan Bika banjir sejak 11 Juli 2020, yang terendam banjir sepanjang jalur Bika Mandai.

Kemudian di Kecamatan Kalis banjir terjadi di beberapa titik di Desa Kalis dan seputaran jalan menuju Kota Putussibau, dengan ketinggian air 40 hingga 100 cm.

Selanjutnya pada Minggu (12/7/2020) pukul 11.05 WIB, banjir melanda Kecamatan Embaloh Hilir ketinggian air mencapai 60 hingga 70 cm yang terjadi di Desa Nanga Embaloh, Nanga Palin, Ujung Bayur, Kirin Nangka, Pala Pintas, Keliling Semulung.

Sedangkan banjir di Kecamatan Seberuang terjadi sekitar pukul 07.00 WIB, banjir merendam jalan Lintas Desa Sejiram menuju Desa Gurung ketinggian air 70 hingga 80 cm.

"Sampai saat ini tim kami masih monitoring banjir di lapangan, harapan kita banjir tidak bertahan lama, dan kami minta pihak kecamatan juga proaktif melaporkan setiap perkembangan banjir," pintanya seperti dikutip dari Antara. (red)



Baca Juga Topik #nasional+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Nasional

Satu Keluarga Tewas, Diduga Bunuh Diri

Selasa, 12 Desember 2023