Lahan Kawasan Industri Tenayan Pekanbaru Kembali Diserobot

Ahad, 19 Juli 2020 - 13:30:35 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus, memimpin langsung penijauan lahan KIT, Sabtu (18/7/2020).

Betuah Pekanbaru - Lahan kawasan Industri Tenayan (KIT) di Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, kembali diserobot. Kali ini penyerobotan disebut dilakukan oleh oknum aparat yang sudah pensiun.

Lantaran kembali diserobot, Walikota Pekanbaru Firdaus bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah kota, Sabtu (18/7/2020) turun langsung melakukan pemantauan.

Pemantauan diawali dengan upacara gelar pasukan pengamanan kawasan industri yang dipusatkan di Jalan 45, Kelurahan Industri Tenayan, Kecamatan Tenayan Raya.

Walikota Pekanbaru Firdaus dan rombongan, melihat peta Kawasan Industri Tenayan di Kecamatan Tenayan Raya.

Menurut walikota, pengamanan mesti ditingkatkan ke depannya karena hingga kini masih ada saja oknum masyarakat hingga aparat yang mengaku sebagai pemilik lahan di kawasan KIT.

Padahal, sebut walikota, lahan KIT seluas 366 hektar sudah dibebaskan dan kini tercatat sebagai aset Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

"Karena itu, lahan KIT sah milik Pemerintah Kota Pekanbaru," tegasnya.

Mengingat masih adanya upaya penyerobotan lahan KIT di lapangan, walikota menyatakan jika pemerintah akan mengambil langkah hukum agar lahan KIT yang sudah dibebaskan bisa dipertahankan.

Untuk diketahui, KIT saat ini masuk dalam salah satu kawasan industri strategis nasional. Dari total lahan 366 hektar, 40 hektar di antaranya sudah menjadi lokasi pembangunan PLTU 2×110 MW. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+