Positif Corona di Riau Tambah 15 Lagi, 2 di Antaranya Alami Gangguan Jiwa

Senin, 20 Juli 2020 - 19:59:42 WIB Cetak

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi

Betuah Pekanbaru - Konfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Riau terus meningkat. Hari ini, Senin (20/7/2020) terdapat penambahan sebanyak 15 orang lagi. Dua di antaranya merupakan orang dengan gangguan kejiwaan atau ODGJ.

Kedua ODGJ tersebut yakni AN, perempuan usia 53 tahun, warga Kabupaten Kampar. Saat ini pasien sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

"Pasien AN dirawat di RS Jiwa Tampan karena ODGJ. Pasien memiliki keluhan gelisah, marah-marah, bicara sendiri, kalau putus obat demam, batuk, pilek, sakit pada tenggorokan, dan dari hasil rontgen dinyatakan bronkitis. Setelah dilakukan pemeriksaan swab pada tanggal 17 Juli 2020, hasilnya dinyatakan positif Covid-19," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi saat memberi keterangan pers, Senin sore.

"Riwayat perjalanan tidak ada dan kontak erat pasien dengan pasien positif belum diketahui," ulasnya.

ODGJ kedua yakni L, perempuan usia 39 tahun, warga Kabupaten Kampar. Saat ini pasien sudah diisolasi dan dirawat di RSJ Tampan, Kota Pekanbaru.

Sama dengan pasien AN, L juga memiliki keluhan gelisah, marah-marah, meresahkan warga, bicara sendiri, demam, batuk, pilek, sakit pada tenggorokan. Pasien L juga tidak memiliki riwayat perjalanan dan kontak erat dengan pasien positif covid juga belum diketahui.

Kemudian tambahan kasus positif ketiga yakni NN, laki-laki usia 39 tahun, warga Kota Pekanbaru. NN merupakan peserta swab massal di Pekanbaru tanggal 17 Juli 2020 dan hasilnya dinyatakan positif covid. Riwat perjalanan dan kontak erat dengan pasien positif tidak ada.

Tambahan keempat U, usia 50 tahun, warga Kota Pekanbaru. U juga peserta swab massal tanggal 17 Juli. Riwayat perjalanan dan kontak pasien juga belum diketahui.

Tambahan kelima yakni bayi usia satu hari, warga Kota Pekanbaru. Bayi terlahir dengan keluhan pada pernapasan dan dilakukan rontgen yang mempunyai gambara infeksi dan dilakukan swab yang hasilnya positif covid.

Keenam AS, usia 24 tahun, warga Provinsi Sumatera Selatan yang bekerja di salah satu perusahaan di Kabupaten Siak.

Ketujuh DSS, usia 35 tahun, warga Kota Pekanbaru yang juga bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Siak dan saat ini sudah dirawat di Rumah Sakit di Kota Pekanbaru serta riwayat perjalanannya belum diketahui dan sedang didalami.

Kedelapan ENY, usia 32 tahun, warga Provinsi Sumatera Selatan yang juga bekerja di salah satu perusahaan swasta di Kabupaten Siak.

Kesembilan RR, usia 27 tahun, yang juga karywan salah satu perusahaan di Kabupaten Siak. RR merupakan kontak erat dari pasien positif ke-242.

Tambahan ke-10 yakni A, usia 52 tahun, warga Kabupaten Siak yang merupakan kontak erat dengan kasus positif ke-255 yang juga warga Kabupaten Siak.

Ke-11 M, usia 55 tahun, warga Kabupaten Siak dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Siak. M juga merupakan kontak erat dari kasus positif ke-255.

Ke-12 yakni BS, usia 23 tahun, warga Provinsi Sumatra Selatan yang juga bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Siak dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Provinsi Sumatra Selatan. BS merupakan kontak erat dari kasus positif ke-242 yang juga warga Provinsi Sumatera Selatan.

Ke-13 S, usia 18 tahun, warga Provinsi Sumatera Selatan yang juga bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Siak dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Provinsi Sumatra Selatan. S juga kontak erat dari kasus positif ke-242.

Ke-14 SI, usia 37 tahun, warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Pelalawan. SI baru kembali dari Kota Semarang tanggal 16 Juli 2020. SI melakukan pemeriksaan swab pada tanggal 17 Juli 2020 dan hasilnya dinyatakan positif covid.

Terakhir atau tambahan kasus positif ke-15 yakni NS, usia 23 tahun, warga Kabupaten Rokan Hulu dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Rokan Hulu. NS melakukan rapid test mandiri untuk keperluan perjalanan ke Kota Yogyakarta dengan hasil reaktif. 

NS kemudian melanjutkan dengan pemeriksaan pengambilan swab pada 18 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan Positif covid-19. NS memiliki riwayat perjalanan ke Kota Pekanbaru.

Selain penambahan 15 kasus positif, hari ini juga terdapat 5 orang pasien positif yang dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan dari rumah sakit.

"Sehingga total pasien Covid-19 di Provinsi Riau menjadi 287 kasus dengan rincian 46 orang masih dirawat, 230 orang sembuh dan 11 orang meninggal dunia," tutup Indra. (red)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+