Malam Ini UAS akan Menyair di Acara Penyair Berwakaf

Kamis, 06 Agustus 2020 - 15:56:09 WIB Cetak

Foto Istimewa

Betuah Pekanbaru - Penceramah kondang Asal Riau, Ustadz Abdul Somad (UAS), malam ini Kamis (6/8/2020) akan tampil di acara bertajuk Penyair Berwakaf yang ditaja Yayasan Pusaka Riau (YPR) dan Yayasan Tabung Wakaf Umat (YTWU).

"Acara bertajuk Penyair Berwakaf Bersama UAS ini dimulai sekitar pukul 20.30 WIB," kata Pembina YPR Taufik Ikram Jamil di Pekanbaru, Kamis (6/8/2020).

Acara Penyair Berwakaf Bersama UAS akan dilaksanakan dengan tatap muka dan dalam jaringan (daring). 

Untuk acara tatap muka dipusatkan di Gedung Idrus Tintin Pekanbaru. Sementara dalam jaringan disiarkan di saluran Ustadz Abdul Somad Official baik di FB, Instagram maupun YouTube, selain saluran FB maupun zoom YPR.

Khusus untuk acara tatap muka dibatasi 200 orang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Beberapa penyair juga akan tampil bersama UAS membacakan sajak. Mereka adalah Aris Abeba, Dheni Kurnia, Eko Ragil Ar-Rahman, Juliana, Samsudin Adlawi, Syaukani Al-Karim, dan Taufik Ikram Jamil.

Disampaikan Taufik, beberapa pekan lalu dia dihubungi salah seorang anggota tim UAS, Hendri Anak Abdurrahman yang dikenalnya sejak lama. Menurut Hendri, UAS selalu bertanya penyair-penyair dan menyebut-nyebut mereka dalam pembicaraan santai ketika istirahat.

"Dah kita buat acara saja," ujar Taufik kepada Hendri yang langsung memberi respon positif, tinggal menyesuaikan jadwal UAS. 

Menurut Taufik, kerinduan UAS kepada penyair dapat ditebak. Pertama, UAS  sebagaimana manusia pada lazimnya, memiliki rasa kepenyairan, bahkan tak jarang terlihat dalam ceramah-ceramahnya.

Ketika menerima gelar adat Melayu, Datuk Seri Ulama Setia Negara dari Lembaga Adat Melayu Riau, UAS menyampaikan kata sambutan justru dalam rangkaian syair dengan jalinan kertas panjang, sehingga memberi kesan tersendiri.

Di sisi lain, hubungan kepenyairan dengan Islam amat erat. Kepenyairan, mewarnai masyarakat pra-Islam, tetapi tetap bermakna dalam penyebaran bahkan mempertahankan Islam. "UAS akan bicara soal ini juga, insyaAllah," tutupnya. (***)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+