Seluruh Daerah di Riau Sudah Terpapar Corona, Pekanbaru dan Siak Tertinggi

Ahad, 09 Agustus 2020 - 13:22:47 WIB Cetak

Ilustrasi virus corona

Betuah Pekanbaru - Virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19 yang menginfeksi sistem pernapasan, kini sudah mewabah di 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Riau, hingga Sabtu (8/8/2020) total kasus terkonfirmasi positif di Riau sudah berjumlah sebanyak 706 orang dimana 373 di antaranya sembuh, 320 masih diisolasi dan dirawat, serta 13 meninggal dunia.

Dari total 706 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Riau tersebut, kasus tertinggi tercatat di Kota Pekanbaru dengan jumlah 227 kasus, disusul Kabupaten Siak sebanyak 142 kasus dan Kampar 97 kasus.

Kemudian Kabupaten Indragiri Hilir tercatat sebanyak 54 kasus, Rokan Hilir 40, Kota Dumai 37, Pelalawan 33, Bengkalis 26, Kuansing 16, Rohul 14, Kepulauan Meranti 13 dan Indragiri Hulu 4 kasus.

Data sebaran virus corona di Provinsi Riau per tanggal 8 Agustus 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir menyebutkan, saat ini sudah tidak ada kabupaten kota yang mampu bertahan bebas dari penyebaran Covid-19. Termasuk Rohil yang hanya mampu bertahan selama 4 bulan dan saat ini sudah  termasuk zona merah penyebaran Covid-19.

Disampaikan Mimi, peningkatan dan penambahan kasus Covid-19 yang cukup signifikan sejak beberapa hari terakhir merupakan hasil tracking dari pasien terkonfirmasi sebelumnya. Termasuk hasil penjaringan dan pelaksanaan tes swab massal yang di gesa tim Covid-19.

"Sampai saat ini, Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad telah memeriksa 30.189 spesimen. Dan saat ini masih ada yang sedang berjalan dan belum diketahui hasilnya," ucap dia.

Kendati pasien positif di Riau terus bertambah. Namun pasien positif dinyatakan sembuh juga terus mengalami peningkatan. Dimana penambahan tersebut juga ada setiap hari.

"Hanya saja jika dibandingkan dengan penambahan beberapa hari belakangan ini tidak begitu imbang. Tapi cukup bagus jika dilihat dari perkembangan sebelum-sebelumnya," tutur Mimi seperti dikutip dari Media Center Riau. (red)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+