Dinas Ketapang Pekanbaru Sudah Bina 111 Kelompok Tani Wanita

Kamis, 17 September 2020 - 13:00:56 WIB Cetak

Kepala Disketapang Kota Pekanbaru Alek Kurniawan, saat panen bunga kol di lahan KWT Pelita Hati di Jalan Melati Tiga, Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Kamis (17/9/2020).

Betuah Pekanbaru - Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru, hingga kini telah melakukan pembinaan terhadap 111 Kelompok Wanita Tani (KWT) yang tersebar di 12 kecamatan.

Kepala Disketapang Pekanbaru Alek Kurniawan mengatakan, kelompok tani yang dibina pihaknya khusus menanam tanaman jenis hortikultura untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

"Seperti terong, sayur kol, cabai, tomat, kunyit dan lainnya," ucap Alek, usai panen bunga kol dan terong bersama KWT Pelita Hati di Jalan Melati Tiga, Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Kamis (17/9/2020).

Dinas Ketapang, ucapnya, sejauh ini juga terus bersinergi dengan Dinas Pertanian dan Perikanan (Disnakan) Pekanbaru dalam melakukan pembinaan terhadap kelompok tani.

Untuk KWT di bawah binaan Dinas Ketapang, sebut Alek, lebih kepada kelompok tani yang memanfaatkan lahan kosong seperti yang berada di pekarangan rumah.

"Dalam artian hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga," ungkap pria yang sebelumnya menjabat Kepala BPKAD Pekanbaru ini.

"Tapi kalau kelompok tani dengan lahan luas, itu lebih banyak di bawah pembinaan dinas pertanian. Karena sifatnya sudah untuk produksi. Tapi yang jelas kita terus berkoordinasi untuk memastikan kebutuhan pangan bagi warga bisa tercukupi," ulas Alek. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+