Pekanbaru Siapkan 1.000 Kamar Hotel Antisipasi Lonjakan Pasien Corona

Senin, 21 September 2020 - 18:04:02 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus, saat memberikan keterangan pers.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, bakal menyiapkan seribu kamar hotel sebagai tempat isolasi pasien positif Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19. Ini merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi jika lonjakan kasus positif terus terjadi.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, seribu kamar tempat isolasi pasien corona itu tersebar di sejumlah hotel kelas melati hingga bintang tiga yang ada di Ibukota Provinsi Riau.

"Ini telah sesuai dengan pembahasan yang kita lakukan dengan PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Riau. Jadi kalau ada kekurangan ruang isolasi, akan disewa kamar hotel," ucapnya, Senin (21/9/2020).

Untuk biaya isolasi di kamar hotel sendiri, disampaikan Firdaus akan ditanggung oleh pemerintah kota dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

"Biaya yang ditanggung mulai dari penginapan, obat dan makanan pasien selama isolasi," ungkap pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau ini.

Selain menyiapkan kamar hotel, saat ini pemerintah kota juga sudah menyediakan ruang isolasi bagi positif corona tidak bergejala atau OTG di Rumah Sehat Rumah Susun Sederhana dan Sewa (Rusunawa) Rejosari di Tenayan Raya.

"OTG sudah bisa menjalani isolasi di Rumah Sehat," ujaranya.

Terkait anggaran penanganan Covid-19, dikatakan Firdaus masih tersedia. Alokasi dana tersebut mencapai angka Rp115 miliar. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+