BPBD Pekanbaru Siagakan Puluhan Personel untuk Antisipasi Banjir

Rabu, 11 November 2020 - 20:41:26 WIB Cetak

Personel BPBD Pekanbaru foto bersama usai apel gelar pasukan pada 15 Oktober lalu.

Betuah Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, menyiagakan sebanyak 47 personel untuk mengantisipasi bencana banjir mengingat saat ini Kota Bertuah mulai memasuki musim penghujan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pekanbaru Zarman Candra menyebutkan, puluhan personel itu akan bertugas bersama tim gabungan dari TNI dan Polri.

"Personel ini sudah mulai kita siagakan usai apel gelar pasukan kesiapsiagaan tanggap bencana pekan kemarin," ungkapnya, Rabu (11/11/2020).

Selain menyiagakan personel, kata Zarman, pihaknya juga mulai membuat peta lokasi pengungsian bekerjasama dengan kecamatan, kelurahan, babinsa dan bhabinkantibmas.

"Titik pengungsian ini tentunya berada di wilayah yang lebih tinggi dari titik banjir. Untuk lokasi pastinya, saat ini masih tahap pemetaan," ucapnya.

BPBD, lanjut dia, juga mempersiapkan armada dan logistik untuk membantu pengungsi banjir nanti. "Jadi semua keperluan untuk antisipasi bencana banjir kita persiapkan," ujarnya.

Meski demikian, Zarman tetap menghimbau warga agar sama-sama menjaga kebersihan saluran pembuangan air atau drainase dengan tidak membuang sampah ke dalamnya.

"Karena banjir sesaat yang terjadi saat musim hujan, itu karena saluran air tidak lancar. Untuk itu, mari sama-sama kita jaga dan kita bersihkan," ajaknya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+