BPBD Pekanbaru Minta Camat Petakan Lokasi Rawan Banjir

Selasa, 24 November 2020 - 15:29:15 WIB Cetak

Sejumlah kendaraan saat melintas di genangan banjir yang merendam badan jalan. (dok)

Betuah Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, meminta camat dan lurah untuk memetakan lokasi rawan bencana alam seperti banjir di kawasan masing-masing.

Menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pekanbaru Zarman Candra, peta lokasi rawan bencana sangat diperlukan sehingga ketika terjadinya bencana, pihaknya bisa langsung terjun guna memberikan penanganan dan penyelamatan di lapangan.

"Untuk itu, camat dan lurah silahkan petakan daerah rawan bencana di lingkungan masing-masing," pintanya, Selasa (24/11/2020).

Camat dan lurah, sebut dia, juga harus terus berkoordinasi dengan BPBD ketika terjadinya bencana banjir.

"Kalau terjadi bencana, bisa langsung melapor ke call center kita 112 atau ke nomor 081176 51464," ucapnya.

Personel BPBD sendiri, kata Zarman, kini telah siap siaga untuk memberikan penanganan dan penyelamatan. Untuk penanganan dan penyelamatan ini BPBD terus berkoordinasi dengan TNI, Polri, Basarnas, Satpol PP, Dinas Sosial, PUPR dan instansi teknis lainnya.

"Ini sesuai arahan bapak walikota saat memimpin apel kesiap-siagaan bencana kemarin di Kecamatan Rumbai," ungkapnya.

"Dalam arahannya, bapak walikota menekankan tidak hanya bencana alam saja yang kita hadapi, tapi juga bencana non alam seperti covid. Jadi kita diminta untuk meningkatkan kewaspadaan," tutup Zarman menambahkan. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+