Jadi Pusat Industri, KIT Diperkirakan Buka 155 Ribu Lapangan Pekerjaan

Jumat, 18 Desember 2020 - 16:01:19 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Kawasan Industri Tenayan (KIT) di Kecamatan Tenayan Raya, dalam waktu lima tahun ke depan diperkirakan bisa membuka sebanyak 155 ribu lapangan pekerjaan.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, peluang ratusan ribu lapangan pekerjaan itu terbuka seiring masuknya KIT dalam salah satu dari 27 kawasan industri strategis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) periode 2020-2024.

Kemudian, KIT juga masuk salah satu dari kegiatan rencana aksi pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

Tidak hanya itu, lanjut walikota, KIT juga akan menjadi kawasan hirilisasi minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) berkisar 2 juta ton per tahun.

"Sehingga diperkirakan akan membuka lapangan pekerjaan 155 ribu dalam masa 5 tahun ke depan," ucapnya, Jumat (18/12/2020).

Untuk membawa KIT terus maju dan banyak dilirik investor, sambung walikota, pemerintah kota kini tengah berupaya memenuhi kebutuhan air bersih di kawasan tersebut.

Dari hitung-hitungan awal, pemerintah kota harus menyiapkan air bersih dengan kapasitas 1.000 liter per detik untuk kawasan KIT. 

"Karena dengan terus berkembang, tentunya kebutuhan air bersih akan meningkat," tutup walikota. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+