Dinas LHK Pekanbaru Diminta Optimalkan Pengangkutan Sampah

Senin, 01 Februari 2021 - 15:07:24 WIB Cetak

Betuah Pekanbaru - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru bersama instansi terkait, diminta untuk lebih mengoptimalkan pengangkutan sampah jelang adanya pemenang lelang.

Walikota Pekanbaru Firdaus menyebutkan, sesuai target, sebelum akhir Februari mendatang sudah didapat pihak ketiga atau rekanan yang akan bertugas melakukan pengangkutan sampah di seluruh wilayah kota.

"Untuk itu, saya sudah instruksikan ke dinas (DLHK) agar perkuat angkutan dengan menambah armada sewaan dan dibantu oleh OPD lainnya," ucapnya, Senin (1/2/2021).

Menurut walikota, tumpukan sampah mesti bisa diatasi selama masa transisi sehingga tidak meresahkan warga. Hal itu perlu mendapatkan perhatian DLHK mengingat proses lelang jasa pengangkutan sampah membutuhkan waktu sekitar satu bulan.

"Karena itu, DLHK bersama dinas terkait agar optimalkan pengangkutan sampah di masa transisi," pintanya.

Sementara itu, Kepala DLHK Pekanbaru Agus Pramono menyebutkan, saat ini terdapat sebanyak 37 unit mobil angkutan yang dioperasikan untuk melakukan pengangkutan. Jumlah itu masih kurang dari kebutuhan sehingga terjadi keterlambatan pengangkutan.

"Kalau terlambat memang terlambat dari jadwal, normalnya angkutan 80 kendaraan, sekarang cuma ada 37 unit," ungkapnya.

Meski kekurangan armada angkut dan personel, namun DLHK terus berupaya semaksimal mungkin untuk mengangkut sampah di wilayah yang terdapat tumpukan sampah.

"Kita tetap ambil, namun memang butuh waktu mengangkut sampah di seluruh wilayah kota," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+