Pekanbaru Gandeng PCCN Kembangkan Ekonomi Kreatif

Kamis, 18 Februari 2021 - 15:21:12 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, saat mengukuhkan kepengurusan PCCN, bertempat di aula lantai 6 perkantoran walikota di Tenayan Raya, Kamis (18/2/2021).

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Riau, menggandeng Pekanbaru Creative City Network (PCCN) dalam upaya pengembangan ekonomi kreatif di tengah pandemi virus corona.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT menyebutkan, pengembangan ekonomi kreatif bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat yang telah terdampak Covid-19.

"Kita kembangkan ekonomi kreatif dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat di masa pandemi covid-19," ucapnya, usai pengukuhan pengurus PCCN, bertempat di aula lantai 6 perkantoran walikota di Tenayan Raya, Kamis (18/2/2021).

Untuk itu, walikota mengajak seluruh anggota dan pengurus PCCN agar bisa saling bersinergi dalam peningkatan ekonomi kreatif khsusnya di industri pariwisata. Ia menilai kerjasama yang terpadu menggesa pemulihan sektor ekonomi.

Kota Pekanbaru juga menjadi tujuan 
Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions (MICE). Adanya PCCN makin memperkuat hal ini.

"Sektor wisata bisa jadi penyumbang pendapatan daerah, maka geliat ekonomi kreatif harus terus dikembangkan," paparnya.

Disampaikan walikota, pemerintah kota tetap mempersilahkan masyarakat tetap produktif. Cara ini menjadi upaya membuat ekonomi tetap bergeliat di tengah pandemi covid-19.

Apalagi saat ini banyak pelaku ekonomi kreatif bermunculan. Mereka tetap bangkit di tengah masa sulit. "Jadi, pandemi ini bukan halangan dalam pengembangn ekonomi kreatif," tegas dia.

Sementara itu, Ketua PCCN Kota Pekanbar MS Rahmansyah juga mengaku bahwa PCCN juga butuh dukungan langsung pemerintah kota. PCCN pun menjalin kerjasama antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru.

Kerjasama yang tertuang dalam nota kesepahaman ini juga upaya pengembangan ekosistem ekonomi kreatif. Ia yakin ekonomi kreatif semakin berkembang dengan hadirnya PCCN.

Dirinya menyebut bahwa PCCN memiliki kelembagaan dalam pengembangan ekonomi kreatif. Mereka membantu pemerintah dalam meningkatkan ekosistem ekonomi kreatif.

Ia tidak menampik bahwa banyak dari pelaku ekonomi kreatif punya masalah pengurusan perizinan. Mereka bisa membantu agar para pelaku ekonomi kreatif bisa memiliki izin.

Dirinya pun berharap pemerintah kota melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru untuk mempermudah proses perizinan bagj pelaku usaha kreatif. (rls)



Baca Juga Topik #Ekonomi+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+